Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Garansi Ponsel Oppo Masih Berlaku atau Tidak

Kompas.com - 17/02/2022, 17:15 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cek garansi Oppo perlu dilakukan apabila melupakan masa kedaluwarsa garansi. Pasalnya, konsumen bisa mengklaim garansi jika masih berada dalam masa berlaku.

Setiap produk yang bagus, sudah selayaknya memiliki layanan purna jual yang baik seperti melengkapi produknya dengan garansi resmi, terutama bagi perangkat elektronik.

Pasalnya, garansi ini dapat memberikan rasa aman kepada konsumen karena dapat diklaim apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada perangkat yang sudah dibeli.

Dengan mengklaim garansi, maka konsumen dapat menghemat biaya komponen sparepart dan biaya service dari kerusakan perangkat bila dibutuhkan.

Baca juga: Cara Mudah Cek ID Pelanggan PLN

Pada Oppo, jangka masa berlakunya garansi berbeda-beda setiap jenis perangkatnya. Perhitungan jangka waktu ini dimulai dari aktifnya Kartu Garansi Elektronik di ponsel Oppo.

Misalnya untuk produk ponsel, car charger VOOC, power bank, dan bluetooth earphone jangka waktu garansinya 12 bulan, sedangkan baterai, earphone, kabel USB, power adaptor hanya 6 bulan.

Untuk ponsel Oppo, konsumen dapat mengklaim garansi dan memperbaiki kerusakan produk di Service Center Oppo. Namun, bagaimana cara cek garansi Oppo jika melupakan masa kedaluarsa dari garansi Oppo yang dimiliki?

Cek garansi Oppo secara online

Dilansir dari laman support.oppo.com, jika melupakan masa kedaluarsa dari garansi Oppo, konsumen dapat cek garansi Oppo secara langsung dengan memanggil nomor hotline Oppo atau mendatangi Oppo Service Center terdekat.

Baca juga: Cara Cek Bansos PKH di Situs cekbansos.kemensos.go.id

Konsumen dapat melakukan cek garansi Oppo secara online melalui website Oppo dan aplikasi My Oppo, jika menginginkan akses yang cepat dan antiribet karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Berikut cara cek garansi Oppo secara online melalui dua cara:

1. Cara cek garansi Oppo via website

Untuk menggunakan cara ini, konsumen harus mengetahui nomor IMEI ponsel yang akan dicek garansinya. Jika sudah, ikuti cara cek garansi Oppo berikut ini:

Ilustrasi cek garansi Oppo melalui website. Cara cek garansi Oppo bisa dilakukan secara online dan offline. Cek garansi Oppo online bisa melalui website dan aplikasi My Oppo. Tangkapan layar website Oppo. Ilustrasi cek garansi Oppo melalui website. Cara cek garansi Oppo bisa dilakukan secara online dan offline. Cek garansi Oppo online bisa melalui website dan aplikasi My Oppo.

  • Buka website oppo.com.
  • Pada tab di pojok kanan atas, pilih menu Dukungan.
  • Pilih Layanan Mandiri, lalu klik Pemeriksaan Status Keaslian dan Garansi.
  • Masukkan nomor IMEI 1 untuk produk ponsel dan smartwatch atau SN untuk wireless earphone dan band. Lalu klik Periksa Sekarang.
  • Jika garansi sudah kedaluwarsa maka akan muncul pesan peringatan.

2. Cara cek garansi Oppo via aplikasi My Oppo

Jika ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan sudah mengunduh aplikasi My Oppo di ponsel. Melalui aplikasi ini, konsumen dapat melakukan cek garansi Oppo dan mendapatkan informasi tentang Oppo dengan mudah.

Berikut cara cek garansi Oppo via aplikasi My Oppo:

  • Buka aplikasi My Oppo.
  • Pilih menu Dukungan.
  • Pilih menu Layanan Mandiri, lalu ketuk Status Garansi.
  • Nomor IMEI ponsel akan muncul otomatis pada kolom IMEI.
  • Isi kode captcha dan ketuk Periksa Sekarang.
  • Jika garansi sudah kedaluwarsa maka akan muncul pesan peringatan.

Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Bayar Tagihan PDAM di Alfamart dan Alfamidi

Mengetahui masa garansi suatu produk sangat dibutuhkan karena salah satu syarat untuk bisa mengklaim garansi adalah tidak melewati batas waktu masa garansi.

Jika masa berlaku garansi ponsel yang akan diklaim masih aktif, maka bawa ponsel tersebut ke Service Center Oppo terdekat dengan membawa bukti pembayaran produk dan faktur asli.

Pastikan stiker nomor seri IMEI pada kartu garansi masih utuh atau tidak robek karena jika stiker tersebut rusak maka garansi tidak dapat diklaim. Selain itu, back up data yang ada di ponsel termasuk nomor telepon, pesan, foto, dan data penting lainnya.

Demikian, cara cek garansi Oppo online melalui website dan aplikasi My Oppo. Cek garansi Oppo ini berguna apabila melupakan masa aktif kartu garansi saat akan melakukan klaim garansi produk Oppo.

Baca juga: KJP Plus: Syarat, Besaran Dana, dan Cara Cek Status KJP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com