KJP Plus: Syarat, Besaran Dana, dan Cara Cek Status KJP

Kompas.com - 16/01/2022, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus) adalah program untuk membantu pembiayaan sekolah warga Jakarta yang tidak mampu. Bagaimana syarat, besaran dana, dan cek status KJP (cek KJP Plus)?

Program KJP Plus bertujuan agar peserta didik dari kalangan tidak mampu bisa mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA atau SMK dengan dibiayai penuh dari APBD DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta sudah mengatur agar tidak semua warga Jakarta bisa mendapatkan manfaat dari KJP Plus, melainkan hanya peserta didik yang masih terdaftar dan aktif di salah satu sekolah di Jakarta.

Selain itu, penerima manfaat KJP Plus juga harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial daerah atau lainnya.

Baca juga: Mau Beasiswa Jutaan Rupiah? Intip Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud

Bagaimana syarat, besaran dana, dan cek status KJP (cek KJP Plus)? Simak penjelasan di bawah ini.

Syarat penerima KJP Plus

KJP Plus hanya berlaku bagi peserta didik yang dinyatakan tidak mampu baik secara materi maupun penghasilan orang tuanya yang tidak memadai untuk memenuhi keutuhan dasar pendidikan anaknya.

Kebutuhan dasar yang dimaksud meliputi seragam, biaya transportasi, sepatu, tas sekolah, makanan, dan biaya ekstrakulikuler.

Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka calon penerima cek KJP Plus dapat mengajukan berkas-berkas persyaratan berikut yang dikutip dari situs resminya:

Baca juga: Syaratnya Mudah, Simak Cara Membuat Kartu Identitas Anak KIA

  • Formulir kelengkapan data
  • Surat permohonan KJP Plus
  • Surat pernyataan Ketaatan Pengguna KJP Plus
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak kepala sekolah yang dibubuhkan materai.
  • Pernyataan ketaatan penggunaan bantuan sosial biaya operasional pendidikan bagi peserta didik dari keluarga tidak mampu melalui cek KJP Plus.
  • Daftar calon penerima KJP Plus yang ditandatangani Kepala Sekolah dan diketahui Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan.

Cek status KJP atau cek KJP Plus cukup mudah karena bisa dilakukan secara online,Tangkapan layar Instagram Disdik DKI Jakarta Cek status KJP atau cek KJP Plus cukup mudah karena bisa dilakukan secara online,

Cara daftar KJP Plus

Untuk pendaftaran KJP Plus cukup mudah, namun perlu diingat kepesertaan KJP Plus akan terus diperbaharui setiap tahunnya. Oleh karenanya, peserta KJP Plus harus melakukan pendaftaran ulang tiap tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.