AVIA Gencar Ekspansi, Targetkan Bangun 144 Pusat Distribusi di Tahun 2022

Kompas.com - 08/03/2022, 14:45 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Avia Avian Tbk (AVIA), emiten produsen cat dekoratif di Indonesia, terus gencar melakukan ekspansi bisnis dengan menambah jaringan distribusi untuk menangkap peluang dan meningkatkan pangsa pasarnya di industri cat tanah air.

Tahun ini, AVIA menargetkan untuk mencapai 144 pusat distribusi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Langkah ini merupakan salah satu upaya Perseroan guna mendorong peningkatan kinerja bisnis di sepanjang tahun 2022.

Wijono Tanoko, Presiden Direktur AVIA mengatakan, dengan permintaan untuk produk yang terus meningkat, AVIA terus berupaya memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan cat dalam negeri dengan semakin memperkuat jaringan distribusi. Dengan begitu, akan mempermudah akses terhadap berbagai produk-produk AVIA.

Baca juga: AVIA Targetkan Penjualan dan Laba 2022 Naik Double Digit

“Di akhir tahun 2022, total jaringan distribusi AVIA akan menjadi 144 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Didukung dengan lebih dari 700 armada pengiriman, semua pusat distribusi ini senantiasa berfokus terhadap peningkatan kualitas servis kepada pelanggan toko bahan bangunan,” kata Wijono kepada dalam siaran pers, Selasa (8/3/2022).

Wijono melanjutkan, dalam 2-3 tahun ke depan, Perseroan menargetkan untuk dapat membuka sekitar 6-8 pusat distribusi baru per tahunnya. Oleh karenanya dengan jaringan yang semakin luas, Perseroan optimis pendapatan dapat tumbuh hingga dua digit di tahun ini.

Mengakhiri tahun 2021, penjualan AVIA mencapai hingga Rp 6,8 triliun. Disisi lain, AVIA juga merencanakan pembangunan pabrik baru di Cirebon yang modern dan terintegrasi untuk dapat menambah kapasitas produksi AVIA sebesar 225.000 MT per tahun, yang diharapkan dapat mulai beroperasi di tahun 2025.

Baca juga: Berencana IPO, Produsen Cat Avian Bakal Tawarkan 10 Persen Saham kepada Publik

“Untuk pembangunan pabrik tersebut, AVIA telah menganggarkan belanja modal (capital expenditure) sekitar Rp 750 miliar. Pembangunan pabrik ketiga ini diperlukan untuk memperlancar suplai produk sehubungan dengan rencana pertumbuhan dua digit yang ditargetkan Perseroan,” tambah dia.

Wijono optimis, dengan strategi yang diterapkan AVIA dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kinerja yang baik, serta dapat terus berkontribusi dalam memberikan solusi atas permintaan cat dari seluruh konsumen yang beragam di Indonesia.

Baca juga: Perusahaan Asal Kalsel Ini Bakal Angkut Kargo ke Vietnam hingga 10 Tahun ke Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.