Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Tabungan Hilang Rp 135 Juta, Nasabah: Alhamdulillah, BCA Kembalikan 100 Persen...

Kompas.com - 29/03/2022, 09:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan hilangnya uang Rp 135 juta yang dialami salah satu nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yaitu Hebbie Agus Kurnia, telah selesai. Uang yang hilang tersebut dipastikan diganti oleh pihak BCA.

Hal ini diungkapkan Hebbie melalui akun media sosial Instagram-nya @hebosto setelah melakukan pertemuan dengan pihak BCA pada Senin (28/3/2022) kemarin.

Persoalan yang dialami Hebbie pada akhirnya diketahui bahwa kartu ATM-nya terkena skimming. Menurut dia, BCA telah memastikan bahwa uang tabungannya yang hilang dalam sehari karena tindakan skimming itu, akan digantikan pihak bank.

"Alhamdulillah pihak BCA sudah bertanggung jawab dan memenuhi janjinya untuk mengembalikan 100 persen tabungan saya yang hilang," ungkapnya seperti dikutip dari postingan di akun Instagram @hebosto, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Soal Uang Nasabah Hilang Rp 135 Juta, BCA: Permasalahan Sudah Selesai

Pada postingan tersebut, ia pun menyarankan kepada nasabah BCA lainnya yang mengalami hal serupa untuk bisa melengkapi berkas yang diminta pihak bank guna bisa segera diproses.

"Untuk teman-teman yang mengalami hal serupa, saran saya setelah tadi banyak ngobrol dengan pihak BCA, segera lengkapi berkas yang diminta oleh pihak BCA dan buat surat bukti lapor polisi supaya skala prioritas penanganannya naik," kata dia.

Hebbie bilang, dalam pertemuan dengan pihak bank, dirinya juga telah meminta BCA untuk menyelesaikan persoalan skimming yang dihadapi oleh nasabah-nasabah lainnya.

"Saya sangat berharap agar kerugian kalian juga bisa diganti 100 persen dan semoga dengan kejadian ini kalian mendapat gambaran kinerja bank BCA yang seharusnya," tambahnya.

Sebelumnya, melalui postingan di media sosial, Hebbie sempat mengungkapkan rekening pribadinya di BCA menunjukkan ada sejumlah transaksi, baik penarikan uang di ATM maupun transfer, yang menyebabkan uangnya lenyap Rp 135 juta.

Padahal dia merasa tidak sama sekali melakukan transaksi tersebut, bahkan kartu ATM-nya pun dipegangnya.

"Tabungan gue diambil 135 juta di jam 1 pagi, 27 Maret 2022 via penarikan ATM. Padahal ini (kartu) atm di gue, gue pegang. Gue domisili di Bandung, tapi penarikan ini dilacak di Surabaya kata CS BCA," ungkapnya seperti dikutip dari postingan di akun Twitter @hebosto, Minggu (27/3/2022).

"Selanjutnya ada transaksi tanpa sepengetahuan gue senilai 100 juta+25 juta ke sesama BCA dan ke Maybank. Tertera juga nama penerimanya," lanjut Hebbie sembari menunjukkan bukti tangkapan layar dari transaksi di rekeningnya.

Di sisi lain, ia mengaku, hal yang paling disesalkan adalah ketika mengadukan permasalahannya ke pihak CS BCA, tak ada kepastian bahwa dananya yang hilang akan kembali. Padahal menurut dia, BCA tentu yang memiliki akses untuk tahu secara detail mengenai informasi transaksi tersebut.

"Ini platform kalian, kalian yang tau kronologis+pelacakan waktunya. Bahkan hue gabisa tau, gimana bisa itu uang ditarik di ATM sedangkan ini (kartu) ATM di gue?!," tulis dia.

Hebbie sempat menyatakan bahwa dirinya berharap BCA bisa memberikan rasa aman kepada nasabah, bukan malah nampak seolah lepas tangan karena tidak ada jaminan penggantian uang yang hilang.

"Yang gue harap sebenernya, gue sebagai nasabah bisa dapet 'rasa aman' dari kejadian ini. Bukan langsung dijeplak seakan kalian lepas tangan 'hanya sebagai investigator'," ungkap Hebbie.

Baca juga: Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM dengan Mudah dan Praktis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com