Jazak Yus Afriansyah
Trainer

Author, Coach, Trainer.

2 Siasat Tumbuh Cepat dan Kuat (Bagian 4 dari 8 Artikel Seri Green Ocean Strategy)

Kompas.com - 31/03/2022, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

GREEN Ocean Strategy terdiri dari 8 Strategi yang dikembangkan secara khusus untuk mendorong individu dan korporasi mampu bertumbuh dan tangguh, khususnya pada kondisi yang sangat menantang akibat pandemi seperti saat ini.

Dengan Inspirasi 8 Strategi ini Anda akan mampu bertumbuh dan semakin tangguh dengan pesat, baik sebagai seorang profesional yang terus meniti karir hingga ke puncak tertinggi, atau sebagai seorang entrepreneur dan pemimpin bisnis yang terus berikhtiar untuk meningkatkan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi.

Secara bertahap akan kami bagikan 8 Strategi Samudera Hijau tersebut melalui 8 seri artikel Green Ocean Strategy.

Baca juga: 5 Pilar Strategi Bertumbuh (Bagian 1 dari 8 Artikel seri Green Ocean Strategy)

Pada edisi ini akan kita bahas strategi yang keempat, yaitu Strategi STS singkatan dari Seeing to Be Seen yang merupakan dua siasat agar bisnis dan karir kita tumbuh cepat dan kuat dengan cara melihat untuk terlihat.

Lantas apa yang dimaksud dengan melihat? Dan apa yang dimaksud dengan terlihat?

Baiklah mari kita bahas satu per satu. Melihat di sini artinya adalah melihat peluang atau opportunity, khususnya peluang yang jarang sekali atau bahkan tidak bisa dilihat oleh orang lain atau perusahaan pesaing.

Dalam konteks pengembangan karir, melihat di sini adalah bagaimana kita bisa melihat peluang untuk pengembangan diri, menambah keahlian, menambah pengetahuan dan memperlebar serta memperkuat jejaring, dengan kata lain kita mampu melihat setiap peluang untuk membuat diri ini senantiasa unggul dan siap!

Selalu ingat pada edisi sebelumnya bahwa Keberuntungan adalah bertemunya Kesempatan atau momentum dengan Kesiapan atau readiness.

Sedangkan terlihat dalam konteks pengembangan bisnis artinya bagaimana cara sebuah perusahaan supaya mudah dilihat oleh peluang, mudah diamati oleh konsumen dan menarik perhatian calon pelanggan.

Dalam konteks pengembangan diri, terlihat bermakna bagaimana Anda sebagai seorang individu yang cerdas mampu keluar dari kerumunan atau stand out from crowd dan tampil berbeda bermakna dibanding dengan kebanyakan pekerja lainnya.

Baca juga: 3 Langkah agar Tetap Tangguh (bagian 2/8 Artikel seri Green Ocean Strategy)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.