Jadi Salah Satu yang Terbesar di Asia, Saham GOTO Diborong Lebih dari 150.000 Pengguna Ajaib

Kompas.com - 11/04/2022, 14:27 WIB

KOMPAS.com - Masa penawaran umum saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan harga Rp 338 per lembar resmi berakhir pada Kamis (7/4/2022). Per hari ini, Senin (11/4/2022), status GOTO resmi melantai di bursa.

Fakta menarik di balik hal tersebut adalah keberhasilan saham GOTO menarik minat masyarakat. Hal ini terlihat dari besarnya minat investor ritel terhadap saham tersebut pada aplikasi Ajaib.

Direktur PT Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora menuturkan bahwa pihaknya mencatat partisipasi investor ritel dalam IPO GOTO berhasil meraih rekor tertinggi di sejarah pasar modal Indonesia.

Baca juga: Airlangga: IPO GOTO Setara 2,8 Persen dari PDB dan Masuk 4 Besar Market Cap

“Ajaib meraih rekor baru perusahaan dengan jumlah pemesanan IPO GOTO di aplikasi Ajaib mencapai lebih dari 150.000 investor. Angka pencapaian ini mencapai lebih dari 2 kali lipat dari rekor IPO sebelumnya,” tambah Anna dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin.

Adapun nilai kapitalisasi pasar GOTO diperkirakan mencapai Rp 400,3 triliun. IPO GOTO kali ini menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan di dunia sepanjang 2022.

Hal tersebut sekaligus menjadikan IPO GOTO sebagai emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau berada tepat di bawah PT Telkom Indonesia, Tbk.

Baca juga: Resmi Melantai di BEI, Saham GOTO Langsung Tancap Gas

Pencapaian tersebut, kata Anna, juga menandakan kebangkitan pasar modal nasional, mulai dari minat dan partisipasi investor ritel domestik yang tumbuh dua kali lipat dibandingkan 2021, dan juga transaksi IPO GOTO yang hanya ditangani penjamin emisi efek nasional dan memasarkan kepada investor domestik Indonesia.

Melantainya saham GOTO di bursa, lanjut Anna, dapat menjadi penggerak indeks saham teknologi. Hal itu tecermin dari tingginya minat dan antusias investor, khususnya investor ritel menyambut GOTO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.