Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak

Kompas.com - 20/05/2022, 18:56 WIB
Siti Maghfirah

Penulis

Pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) bagi pelanggan golongan 3.000 volt ampere (VA) ke atas. Rencana ini telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketahui cara menghemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak.

Lalu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menerapkan hemat listrik? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengganti ke Lampu Hemat Energi

Lampu hemat energi atau yang lebih dikenal sebagai lampu LED (light-emitting diode) terbukti dapat menghemat penggunaan listrik. Karena, lampu LED dapat menghasilkan terang tanpa melakukan pemanasan (warm up) terlebih dahulu. Sehingga, membutuhkan daya yang lebih rendah ketimbang lampu biasa.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi lampu LED. Namun, beberapa orang masih enggan menggunakannya karena harganya yang lebih mahal daripada lampu.

Padahal, walaupun harus membayar mahal di awal, namun untuk selanjutnya tagihan listrik kamu bisa lebih rendah daripada saat memakai lampu biasa.

Baca juga: Kenaikan Tarif Listrik Pelanggan 3.000 VA Disetujui, PLN: Kami Laksanakan Kebijakan Pemerintah

2. Mencabut Kabel Elektronik Saat Tidak Digunakan

Saat sudah selesai mengisi daya handphone atau laptop, sering kali kita lupa untuk mencabut chargernya dari saklar. Padahal, selama kabel elektronik masih tertancap pada saklar, arus listrik akan terus-terusan mengalir meskipun gadget sedang tidak disambungkan.

Nah, inilah salah satu penyebab tagihan listrik jadi membengkak. Oleh karena itu, cara menghemat listrik selanjutnya adalah langsung mencabut kabel dari saklar saat kamu sudah selesai menggunakannya.

3. Matikan Lampu di Waktu Tertentu

Menghidupkan lampu terus-terusan saat siang dan malam tentu saja menambah tagihan listrik. Padahal, saat siang hari kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari melalui jendela dan ventilasi. Selain hemat listrik, ruangan juga menjadi segar karena adanya pertukaran udara.

Tak hanya saat siang hari, kamu juga bisa mematikan lampu pada saat tidur yang juga baik untuk kesehatan. Jangan lupa juga untuk mematikan lampu dan alat elektronik lainnya saat hendak keluar rumah.

Baca juga: Penjelasan Sri Mulyani soal Rencana Kenaikkan Tarif Listrik Golongan 3.000 VA ke Atas

4. Menghemat Penggunaan Air

Saat ini semakin banyak pompa air yang membutuhkan listrik untuk bisa bekerja. Sehingga, dengan memakai air terus-terusan juga akan berpengaruh pada tagihan listrik.

Oleh karena itu, kamu juga perlu menghemat air dengan membatasi penggunaannya untuk hal-hal penting saja. Kamu juga bisa mencabut colokan pompa air saat malam hari atau ketika akan bepergian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com