Simak 5 Informasi Apa Saja yang Harus Ada di CV

Kompas.com - 20/05/2022, 18:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comCV adalah singkatan dari Curriculum Vitae. CV merupakan salah satu dokumen penting yang harus dilampirkan saat melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, tampilan CV haruslah menarik karena ini merupakan komponen utama yang dinilai oleh HRD, serta menjadi penentu apakah perusahaan akan lanjut dengan lamaranmu atau tidak.

Namun, tak hanya menarik, isi dari CV juga harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut adalah informasi mengenai apa saja yang harus ada di CV:

Baca juga: Siap-siap, BUMN Bakal Tambah 2.300 Lowongan Kerja

1. Data pribadi

Data pribadi merupakan informasi utama bagi HRD yang harus dicantumkan di CV. Meski begitu, sebaiknya tuliskan data pribadi yang penting dan relevan saja.

Karena, informasi yang lengkap namun tidak ada korelasinya dengan lamaran pekerjaan, hanya akan membuat HRD merasa bosan membacanya. Bukan tidak mungkin, mereka memutuskan berhenti melanjutkan untuk membaca lamaran kamu.

Tulislah informasi yang sederhana, jelas, dan to the point tanpa penjelasan yang panjang. Seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan dua riwayat pendidikan terakhir (misalnya: SMA dan S1 atau S1 dan S2).

2. Pas Foto

Selain data pribadi, foto juga merupakan aspek penting yang harus tercantum di CV. Dengan adanya foto, CV kamu akan terlihat lebih meyakinkan.

Selain itu, ada juga beberapa posisi perusahaan yang memang mencari karyawan berpenampilan menarik. Sehingga, foto menjadi syarat wajib untuk dilampirkan di CV.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.