Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKT Tanam 1.500 Bibit Mangrove di Perairan Bontang

Kompas.com - 24/05/2022, 14:54 WIB
Aprillia Ika

Editor

BONTANG, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) gelar Employee Volunteering Program untuk menanam 1.500 bibit mangrove di area konservasi mangrove Telok Bangko, Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Minggu (22/5/2022). 

Acara tersebut melibatkan para karyawan dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2022. 

SVP SDM PKT Endang Murtiningsih mengatakan, kegiatan ini bagian dari wujud komitmen PKT terhadap ekosistem dan lingkungan, yang selama ini dilaksanakan konsisten pada berbagai program secara berkesinambungan. 

Pada program ini seluruh karyawan PKT diajak untuk lebih peduli terhadap sekitar, baik masyarakat maupun lingkungan dan ekosistem.

Keterlibatan karyawan tak hanya sebatas relawan pelaksana, namun turut menjadi bagian dari perencana program hingga evaluasi dan pengembangan kedepannya.

Baca juga: Berkat Olahan Mangrove, Ririn Bisa Buka Lapangan Kerja

 

Terlebih Telok Bangko merupakan area konservasi mangrove yang dikembangkan PKT sebagai kawasan wisata edukasi, dengan luasan mencapai 40 hektare dan telah ditanami 161.000 lebih bibit mangrove hingga tahun 2021.

"Terdapat 50 karyawan perwakilan seluruh unit kerja PKT yang terlibat untuk penanaman mangrove, yang kedepan turut berperan untuk pengembangan program secara berkesinambungan," ujar Endang melalui siaran pers, Selasa (24/5/2022). 

Dari program ini, jejaring antar departemen dan unit kerja di lingkungan PKT dapat terus diperkuat, melalui kolaborasi aktif karyawan dengan turun langsung menumbuhkan kepekaan serta kepedulian terhadap lingkungan maupun kondisi sosial yang terjadi.

Baca juga: Luhut: Program Rehabilitasi Mangrove akan Jadi Isu Penting Saat KTT G20

Selain itu, berbagai program yang digagas PKT bagi masyarakat maupun lingkungan untuk kedepannya tak hanya menjadi tanggung jawab unit kerja tertentu, tapi turut didukung seluruh karyawan perusahaan.

Begitu pula untuk penanaman mangrove kali ini, karyawan PKT tak hanya sekadar melaksanakan aksi bersih mangrove hingga penanaman dan penyulaman, tapi juga bentuk dukungan nyata terhadap program pelestarian ekosistem mangrove yang terus diperluas PKT di perairan Bontang.

"Sasaran utama program ini agar karyawan PKT dapat semakin peka dan peduli terhadap lingkungan, maupun kondisi sosial di sekitar perusahaan dengan terlibat aktif didalamnya," tambah Endang.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Peta Mangrove Nasional untuk Keperluan Rehabilitasi Lingkungan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com