Simak Tarif dan Cara Menghitung Pajak Sarang Burung Walet

Kompas.com - 24/05/2022, 13:27 WIB


KOMPAS.com – Pajak Sarang Burung Walet termasuk pajak yang dipungut oleh Pemerintah Daerah, tepatnya Pemerintah Kabupaten/Kota.

Tarif Pajak Sarang Burung Walet yang berlaku saat ini, termasuk pedoman mengenai cara menghitung Pajak Sarang Burung Walet sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Dasar hukum Pajak Sarang Burung Walet mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 (UU No. 1 Tahun 2022) tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Baca juga: Update Jenis-jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Regulasi tersebut mencabut UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Artikel ini akan mengulas sejumlah ketentuan yang termuat dalam aturan terbaru, lengkap dengan ulasan tentang contoh perhitungan Pajak Sarang Burung Walet.

Obyek, subyek, dan tarif Pajak Sarang Burung Walet

Dalam UU No. 1 Tahun 2022, dijelaskan bahwa Pajak Sarang Burung Walet adalah Pajak atas kegiatan pengambilan dan/atau pengusahaan sarang burung walet.

Pasal 76 aturan tersebut menegaskan, obyek Pajak Sarang Burung Walet adalah pengambilan dan/atau pengusahaan sarang Burung Walet.

Baca juga: Cek Aturan Tarif dan Dasar Pengenaan BPHTB Terbaru

Adapun yang dikecualikan dari obyek Pajak Sarang Burung Walet adalah sebagai berikut:

  • Pengambilan sarang burung walet yang telah dikenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP); dan
  • Kegiatan pengambilan dan/atau pengusahaan sarang burung walet lainnya yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda).

Adapun subyek Pajak Sarang Burung Walet adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pengambilan dan/atau mengusahakan sarang burung walet.

Dengan begitu, Wajib Pajak Sarang Burung Walet adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pengambilan dan/atau mengusahakan sarang burung walet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.