5 Cara Meningkatkan Omzet Jualan Online di Tokopedia

Kompas.com - 10/06/2022, 06:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berjualan di e-commerce menjadi salah satu cara yang digunakan pelau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan omzetnya.

Lewat platform e-commerce, para pelaku UMKM bisa mendapatkan banyak pembeli dari berbagai pelosok daerah. Apalagi fitur-fitur untuk meningkatkan penjualan juga tersedia.

Namun tak dipungkiri, masih ada seller online yang belum bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan maksimal.

Vice President of Logistics Tokopedia Edwin Mailoa memberikan 5 tips atau cara yang bisa dilakukan seller online ketika ingin menaikkan omzet usahanya.

"Pertama adalah evaluasi dan analisis pasar. Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan," ujarnya dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Rekrutmen PPPK Guru Dibuka Tahun Ini, Simak Kategori Pelamarnya

cara yang kedua adalah manfaatkan fitur iklan otomatis. Dia menjelaskan, penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia.

Hal itu dinilai akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Cara yang ketiga adalah pertajam strategi promo. Edwin mengatakan, pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan.

“Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” ungkapnya.

Cara keempat adalah manfaatkan gudang pintar. Edwin mengatakan, pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.