Kala Erick Thohir Mendampingi Megawati Keliling Sarinah...

Kompas.com - 14/06/2022, 07:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendampingi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meninjau Gedung Sarinah yang baru rampung direnovasi pada Senin (13/6/2022).

Pada kesempatan itu, Erick menjelaskan kepada Megawati bahwa pemugaran Sarinah bukan sekadar pemugaran fisik semata.

Menurut dia, ini merupakan misi besar untuk memulihkan kembali sarana yang merupakan sejarah yang selama ini agak terlupakan.

Baca juga: Erick Thohir: Keuntungan BUMN Meningkat Jadi Rp 126 Triliun dalam 2 Tahun

"Saya rasa sarana ini adalah sejarah yang hampir terlupakan. Karena itu bagaimana kami, kebetulan ini aset BUMN, kita bisa perbaiki. Jangan sampai generasi muda ini terputus dari sejarah. Semoga ini bisa jadi pengingat sejarah pada generasi muda," ujar Erick seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Keduanya hampir tiga jam berada di Sarinah dengan mengelilingi tiap spot lantai. Megawati tampak menikmati suasana baru Gedung Sarinah yang merupakan salah satu proyek mercusuar Presiden Pertama RI Soekarno atau yang dikenal dengan panggilan Bung Karno.

Megawati pun mengucap syukurnya karena warisan seni peninggalan Bung Karno yang tersemat dalam relief di Sarinah berhasil dipugar kembali.

"Setiap lantai memiliki makna-makna tersendiri. Terutama mengenai dipasangnya kembali ornamen relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan. Tapi akhirnya alhamdulillah dapat dikembalikan," kata anak Bung Karno tersebut.

Baca juga: Sejarah Sarinah, Mal Tertua di Indonesia yang Digagas Bung Karno

Saat melihat relief peninggalan Bung Karno di lantai dasar, Megawati berbincang cukup lama dengan Erick. Tak hanya itu, Megawati juga tampak sumringah ketika berfoto dengan relief yang berisi kisah seorang petani bernama Marhaen itu.

Menurut dia, relief tersebut adalah peninggalan sejarah dan seni yang amat penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, dia amat bersyukur dengan hadirnya peninggalan Bung Karno yang kini dapat dinikmati oleh generasi muda yang mengunjungi Sarinah.

"Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang mungkin belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," ujar Megawati.

Adapun Megawati mengaku sengaja datang ke Sarinah sekaligus memenuhi undangan Erick, sebelum nantinya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Juli 2022 mendatang.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Bio Farma Ekspor Vaksin Covid-19 BUMN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.