Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Menguat, IHSG Bergerak Fluktuatif

Kompas.com - 11/07/2022, 09:48 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak fluktuatif di awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/7/2022). Sementara itu, mata uang garuda terpantau menguat pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, IHSG dibuka menguat pada level 6.752,61. Namun demikian, pada pukul 09.28 WIB, IHSG melemah 4,81 poin atau 0,07 persen dari posisi penutupan pekan lalu, ke level 6.735,40.

Sebanyak 231 saham melaju di zona hijau dan 191 saham di zona merah. Sedangkan 199 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,9 triliun dengan volume 4,2 miliar saham.

Baca juga: IHSG Turun 0,80 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

Sementara itu, bursa Asia lain terpantau bergerak variatif atau mixed. Indeks Nikkei tercatat menguat 1,02 persen, sementara Hang Seng Hong Kong dan Shanghai Komposit masing-masing melemah 1,16 persen.

Sebelumnya, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper memprediksi, pada sesi perdagangan hari ini IHSG akan bergerak cenderung menguat

Adapun untuk level support, Dennies memproyeksi, IHSG bergerak di rentang 6.664-6.702. Sementara itu, level resistance IHSG berada pada rentang 6.759-6.778.

“Secara teknikal candlestick membentuk higher high dan higher low dengan stochastic yang membentuk goldencross di sekitar area oversold mengindikasikan potensi penguatan,” ujar dia.

Rupiah

Adapun, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat. Melansir Bloomberg pukul 09.27 WIB, rupiah bergerak pada level Rp 14.974,5 per dollar AS, atau naik 4,5 poin (0,03 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.979 per dollar AS.

Asal tahu saja, pergerakan rupiah selama beberapa hari terakhir masih dipengaruhi oleh sejumlah sentimen, salah satunya kebijakan bank sentral AS, The Federal Reserve. Pelaku pasar masih menunggu keputusan The Fed terkait kebijakan suku bunga acuannya.

Sebagaimana diketahui, The Fed tengah agresif meningkatkan suku bunga acuannya. Ini dilakukan untuk menekan daya beli, dan pada akhirnya memerangi lonjakan inflasi yang terjadi di Negeri Paman Sam.

Baca juga: IHSG Masih Akan Lanjutkan Penguatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com