Syarat dan Harga Franchise Alfamart 2022 serta Cara Daftarnya

Kompas.com - 18/07/2022, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang ingin membuka bisnis, franchise Alfamart (waralaba Alfamart) bisa menjadi pilihan. Namun sebelum itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk daftar franchise Alfamart.

Dikutip dari laman resminya, franchise Alfamart adalah usaha gerai minimarket yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan Perjanjian Waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemegang merek Alfamart dengan moto “Belanja Puas Harga Pas”.

Model bisnis Alfamart adalah menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan memiliki konsep sebagai Community Store.

Baca juga: Istaka Karya Dinyatakan Pailit, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Minimarket Alfamart sendiri berlokasi di sekitar wilayah perumahan, perkantoran ataupun fasilitas umum. Strategi tersebut menjadi daya tarik bagi konsumen dari berbagai lapisan demografi.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk daftar franchise Alfamart, simak persyaratan, skema bisnis, hingga modal yang diperlukan.

Syarat memiliki franchise Alfamart

  • Memiliki minat di industri minimarket.
  • Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan).
  • Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar area gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan kuran lebih 150 m2 sampai 250 m2.
  • Memenuhi persyaratan perijinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (mengikuti persyaratan di wilayah tersebut).
  • Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

Baca juga: Ekonom: Indonesia Masih Jauh dari Resesi

Skema franchise Alfamart

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menyediakan tiga skema franchise Alfamart yang bisa dipilih. Pertama, skema gerai baru dimana franchisee mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru.

Skema kedua adalah skema gerai baru – konversi dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/minimarket untuk di kembangkan menjadi gerai Alfamart.

Sedangkan skema ketiga adalah skema gerai take over, dimana Franchisee mengambil alih kepemilikan gerai milik Alfamart yang sudah berjalan.

Baca juga: Waktu Penghapusan Pungutan Ekspor Sawit Dinilai Terlalu Singkat

1. Franchise Alfamart gerai baru

Harga franschise Alfamart skema gerai baru ini sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Adapun tipe gerai pada skema franchise Alfamart ini sebagai berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.