KILAS

Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Gelar Pelepasan Penyu hingga Aksi Bersih Pantai di Goa Cemara

Kompas.com - 19/07/2022, 20:29 WIB

KOMPAS.com - PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) kembali menggelar kegiatan corporate social responsibility (CSR) di pesisir pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (15/7/2022).

Dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Cemara, PT Elnusa Petrofin mendonasikan giant trash can atau tempat sampah besar dan melepaskan lebih dari 100 tukik atau anak penyu, serta melakukan aksi bersih pantai.

Head of Corporate Communication & Board of Directors (BoD) Support PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo menyatakan bahwa kegiatan pelepasan tukik, donasi giant trash can, dan aksi bersih pantai merupakan salah satu pilar #PetrofinPeduli.

Salah satu pilar #PetrofinPeduli yang dimaksud adalah #PetrofinResik yang berfokus pada peningkatan kebersihan dan penghijauan lingkungan.

“Kegiatan pelepasan tukik dan pemberian giant trash can dilakukan guna menjaga kelestarian penyu dan juga menjaga kebersihan pantai di Goa Cemara,” ujar Arsa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Dilarang Berenang, Ini Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Goa Cemara

Sebelum melaksanakan kegiatan, ia mengaku, pihaknya belum melihat ada tempat sampah yang memadai di sekitar pantai Goa Cemara. Hal ini yang menjadi latar belakang Elnusa Petrofin untuk mendonasikan tempat sampah berukuran besar.

Terkait pelepasan tukik, Arsa menjelaskan, pantai di Goa Cemara ini merupakan salah satu tempat konservasi anak penyu.

Dengan diadakan kegiatan tersebut, ia berharap, kebersihan pantai ke depannya dapat terjaga dengan baik. Begitupun dengan pelestarian penyu yang dilepas.

Untuk diketahui, jenis tukik yang dilepas Elnusa Petrofin merupakan tukik sisik yang di konservasi oleh pokdarwis di wilayah Goa Cemara. Tukik sisik merupakan salah satu jenis penyu yang sudah terancam punah.

Arsa mengungkapkan, aksi yang dilakukan Elnusa Petrofin juga sejalan dengan poin ke-14 Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: Sri Mulyani: Setelah 2 Tahun Pandemi, Tantangan Kita Capai SDGs Makin Sulit...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.