Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pastikan Harga Pertamax Belum Berubah

Kompas.com - 27/07/2022, 17:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax tidak mengalami penyesuaian harga. Hal ini diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin bilang, daya beli masyarakat masih jadi pertimbangan pemerintah untuk tetap mempertahankan harga BBM Pertamax. Dia menyebutkan, harga BBM Pertamax nantinya akan melihat perkembangan dari inflasi, harga minyak global, dan kurs rupiah terhadap mata uang asing.

"Tapi saat ini kita memahami daya beli, untuk sementara ini memang masih dipertahankan. Tapi kita lihat lah perkembangannya," katanya ditemui dalam Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) II 2022, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Cek Daftar Harga BBM Pertalite dan Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

Arifin Tasrif sebelumnya menyebutkan bahwa harga keekonomian BBM sudah menembus Rp 30.000 per liter. Hal ini seiring dengan melonjaknya harga minyak dunia.

Arifin pun berharap perbaikan logistik di setiap infrastruktur BBM dapat dilakukan. Perbaikan logistik dinilai bakal membantu agar lebih hemat dan efisien.

"Sekarang ini harga minyak dunia sudah di atas 100 dollar AS-120 dollar AS per barrel. Harga keekonomian BBM RON 90 maupun RON 92, rata-rata di atas Rp 30.000. Kita harus antisipasi ini karena situasi krisis energi tidak bisa diramalkan selesai tahun ini atau lebih lama lagi," katanya.

Dia pun membandingkannya dengan harga BBM di Indonesia yang jauh lebih murah. "Pertalite (RON 90) saja dijual Rp 7.650, Pertamax (RON 92) kita jual Rp 12.500. Makanya, kita perlu mengingatkan ke masyarakat agar menggunakan BBM seefisien mungkin. Ini berdampak pada (membengkaknya) alokasi subsidi," sambung dia.

PT Pertamina (Persero) pada 10 Juli, resmi menyesuaikan harga BBM non-subsidi. Adapun beberapa BBM non-subsidi yang mengalami kenaikan di antaranya Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. Sementara itu, harga BBM non-subsidi jenis Pertamax tidak mengalami kenaikan, dan berada di harga Rp 12.500 per liter hingga Rp 12.750 per liter.

Untuk harga BBM subsidi Pertalite juga masih di harga Rp 7.650 per liter. Adapun penyesuaian harga BBM mengacu kepada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

Baca juga: Berapa Harga Asli Pertalite, Solar, Pertamax, dan Elpiji 3 Kg Tanpa Subsidi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+