Ekonomi Indonesia Capai 5,44 Persen, Rupiah Perkasa terhadap Dollar AS

Kompas.com - 05/08/2022, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada Jumat (5/8/2022) dibuka menguat, setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan realisasi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) RI yang mencapai 5,44 persen (year on year/yoy) pada kuartal II-2022.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.897 per dollar AS, menguat dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.933 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah bergerak di zona positif, di mana sampai dengan pukul 09.50 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.897 dollar AS, menguat 0,24 persen.

Baca juga: BPS: Ekonomi RI Terus Membaik, Kuartal II-2022 Tumbuh 5,44 Persen

Realisasi pertumbuhan ekonomi Tanah Air yang sedikit lebih tinggi dari proyeksi pasar menjadi sentimen positif bagi pergerakan nilai tukar rupiah hari ini.

"Ekspektasi PDB yang di atas 5 persen ini tentu membantu penguatan rupiah di tengah isu resesi global. Artinya ekonomi Indonesia masih cukup kuat menahan goncangan inflasi," ujar Analis pasar uang, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Jumat.

Namun demikian, Ariston menilai, pergerakan nilai tukar rupiah masih rawan terhadap pelemahan, seiring dengan masih kuatnya tekanan dari eksternal.

Isu kenaikkan suku bunga acuan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), guna merespons inflasi di Negeri Paman Sam masih menjadi perhatian utama pelaku pasar.

"Dibantu dengan beberapa data ekonomi AS yang terlihat masih positif bisa mendukung penguatan dollar AS lagi," kata Ariston.

Selain itu, kondisi perekonomian global juga masih tidak menentu, seiring dengan meningkatnya ketegangan antara AS-China, pasca kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

"Bila berlanjut ke persoalan ekonomi bisa mendorong pelaku pasar mencari aman di aset dollar AS," ucap dia.

Baca juga: BPS Umumkan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,44 Persen, IHSG Dibuka Menguat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.