Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 19/08/2022, 21:02 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini menyambangi workshop usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ia mengatakan, XL Axiata sangat menghargai upaya keras para pelaku UMKM perempuan di seluruh Indonesia. Hal ini lantaran eksistensi dan keberadaan mereka telah ikut menopang perekonomian nasional selama masa pandemi.

"Kami berkomitmen mendukung pemerintah dalam percepatan digitalisasi wirausaha yang inovatif bagi UMKM menuju pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19," kata dia dalam siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: 6 Bandara AP I Layani Kepulangan 46.579 Jemaah Haji

Pelaku usaha yang disambangi CEO XL Axiata adalah salah satu pemenang ajang W20 Sispreneur Shinta Paramarti, yang merupakan program peningkatan kapasitas pelaku UMKM perempuan dengan dukungan dari Women20 (W20).

Shinta mengelola KainIndonesia.co yang menjalankan usaha di bidang fashion sejak akhir tahun 2020.

Saat ini, KainIndonesia.co telah memiliki lima karyawan dengan omzet sekitar Rp 10 juta per bulan.

Ia menyebut, modal usaha yang telah didapat dari hasil memenangi kompetisi W20 Sispreneur, akan digunakan untuk membeli mesin dan perangkat pendukung agar dapat meningkatkan usahanya.

“Saya mendapatkan ilmu-ilmu yang sangat mahal dari mentor-mentor yang luar biasa dari Sisternet, ilmu-ilmu tersebut sangat bermanfaat dan masukkan yang sangat berharga untuk bisnis saya scale up," ucap dia.

Baca juga: Luhut Tepis RI Sepi Peminat Investasi: Kita Tidak Kekurangan Investor

W20 Sispreneur merupakan kolaborasi antara engagement group Women20 (W20) dan Sisternet dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), program ini berhasil menjaring lebih dari 1.000 peserta.

Selanjutnya, 10 UMKM terbaik berhak mengikuti pameran produk pada acara puncak G20 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada Juli 2022 lalu.

Apresiasi bagi 10 UMKM terbaik berupa modal usaha dengan total Rp 300 juta.

Selain itu, para peserta akan mendapatkan pendampingan UMKM secara online melalui chat group maupun FGD, showcase untuk produk UMKM, mentoring bersama fasilitator penugasan online, serta dilengkapi juga dengan pre-test dan post-test pendampingan bisnis oleh pakar UMKM tingkat global.

Baca juga: Kendaraan Listrik Kian Diminati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com