Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Tukar Rupiah Melemah Terimbas Data Ketenagakerjaan AS

Kompas.com - 10/10/2022, 10:10 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Senin (10/10/2022) dibuka melemah. Depresiasi ini mengekor sejumlah mata uang negara Asia lain.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.275 per dollar AS, terdpresiasi dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.251 per dollar AS.

Terpantau rupiah terus bergerak di zona negatif pada awal perdagangan. Pada 09.45 WIB, nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 15.292 per dollar AS, terkoreksi 0,27 persen.

Baca juga: Cek Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah pagi hari ini merupakan imbas dari rilis data ketenagakerjaan AS yang positif. Ini menunjukkan kondisi perekonomian Negeri Paman Sam relatif terjaga.

Dengan terjaganya kondisi perekonomian AS, ruang kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve, menjadi semakin terbuka. Ini kemudian membuat pasar beralih ke aset safe haven.

"Kondisi ketenagakerjaan yang bagus menopang pertumbuhan ekonomi dan ini akan memberikan dukungan bagi kebijakan pengetatan moneter AS yang agresif hingga akhir tahun untuk mengendalikan inflasi," tutur dia kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Dibuka Merah, IHSG Tinggalkan Level 7.000

Bukan hanya rupiah, sentimen tersebut turut menekan mata uang Asia lain. Sejumlah mata uang Asia terpantau terdepresiasi terhadap dollar AS, mulai dari yen Jepang (0,10 persen), dollar Singapura (0,10 persen), dollar Taiwan (0,45 persen), won Korea Selatan (1,03 persen), peso Filipina (0,12 persen), rupee India (0,54 persen), ringgit Malaysia (0,28 persen), hingga baht Thailand (0,27 persen).

Lebih lanjut Ariston bilang, dari dalam negeri, pasar masih mengkhawatirkan dampak negatif potensi resesi global terhadap perekonomian nasional. Oleh karenanya, pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diprediksi melemah.

"Potensi pelemahan ke arah 15.300, dengan potensi support di kisaran 15.230," ucapnya.

Baca juga: Nilai Limit Mulai Rp 200 Juta, Ini 3 Lelang Rumah Murah di Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com