Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten: Pameran Potensial jadi Kalender Tahunan untuk Promosi UMKM

Kompas.com - 10/10/2022, 08:11 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan pelaksanaan pameran atau expo sangat potensial untuk menjadi kalender tahunan bagi daerah dalam mendukung promosi dan pengembangan pasar UMKM.

Teten mengatakan, hal serupa misalnya terjadi di Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, Jawa Barat.

"Expo bagus dan positif untuk mempromosikan produk UMKM. Kalau berlanjut, nanti disiapkan dengan baik lalu produknya dikurasi sehingga bisa masuk kalender kecamatan secara rutin agar bisa digunakan bukan hanya promosi tapi pengembangan produk UMKM," ucap dia saat membuka acara Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, Jawa Barat, Minggu (9/10/2022).

Baca juga: Menteri Teten: Hobi Burung Merpati Kolong Ciptakan Perputaran Ekonomi

Lebih lanjut, Teten menegaskan tiap daerah perlu menampilkan keunggulan produk UMKM. Hal ini menjadi hal yang penting agar produk UMKM di tiap daerah dapat meningkat daya saingnya.

Menurut dia, interaksi ekonomi dalam expo semacam ini akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Aktivitas ekonomi yang ada dikatakan dapat menunjukkan situasi kondusif dari iklim investasi yang semakin baik. Hal tersebut dapat menjadi fondasi utama berkembangnya dunia usaha serta kemitraan investasi di daerah.

"Mungkin nanti kalau ada expo di seluruh Garut, seluruh kecamatan berkontribusi untuk produk artisannya. Jadi nanti ada kurasi. Model ini dilakukan di Eropa ada lomba sapi, domba, dan lainnya," kata Teten.

Sehubungan dengan Presidensi G20 Indonesia, Teten juga meminta Bupati Garut menyiapkan produk UMKM dipamerkan dalam event G20 Indonesia

"Nanti produk Garut misalnya jaket kulit pasti banyak peminat dari perwakilan delegasi G20," ucap dia.

Selain itu, Teten berpesan agar masyarakat ikut mendukung UMKM lokal dengan menggunakan produk dalam negeri.

Di tempat yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan, perekonomian Garut di kuartal II 2022 berhasil mencatatkan angka mendekati 5 persen.

Menurutnya, ketahanan ekonomi Garut disebabkan oleh kontribusi koperasi dan UMKM.

Maka dari itu, melalui Limbangan UMKM Expo 2022 diharapkan dapat menjadi kegiatan yang membawa hal positif kepada masyarakat.

Baca juga: Soal Komoditas Unggulan, Teten: Indonesia Bisa Contoh Norwegia dan Selandia Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com