Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembok Dibuka, Saham GOTO Langsung Anjlok Sentuh ARB

Kompas.com - 01/12/2022, 10:21 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) langsung anjlok pada awal perdagangan Kamis (1/12/2022), setelah masa penguncian atau lock up saham seri A dibuka.

Melansir data RTI, setelah perdagangan dibuka, saham GOTO langsung merosot 6,62 persen menyentuh level auto rejection bawah (ARB) ke posisi harga Rp 141. Ini lagi-lagi menjadi level terendah saham GOTO sejak melantai di bursa efek.

Setelah menyentuh ARB, terpantau masih banyak investor "nyangkut" di saham GOTO. Ini tercermin dari ordebook GOTO, yang hanya terdapat posisi offer atau jual besar-besaran, tanpa ada posisi beli.

Baca juga: IHSG Menguat Hampir 1 Persen, GOTO Kembali Sentuh Level Terendah

Seiring dengan terus merosotnya harga saham, kapitalisasi pasar GOTO kian menyusut. Pada Kamis pagi, kapitalisasi pasar perusahaan teknologi itu sebesar Rp 167 triliun.

Asal tahu saja, ini menjadi kali keempat secara berturut-turut saham GOTO menyentuh level ARB. Sejak beberapa hari lalu, investor telah khawatir dengan dibukanya periode penguncian saham seri A GOTO.

Praktisi pasar modal sekaligus founder WH-Project William Hartanto mengatakan, pelemahan saham GOTO masih berpotensi berlanjut. Aksi jual akan terus dilakukan investor sampai dengan harga saham GOTO dinilai sudah priced-in.

"Setelah lock period berakhir maka pemegang saham yang sebelumnya dikunci akan melepas saham GOTO, pelemahan bisa berlanjut sampai penjualan ini berakhir, dengan kata lain harus ada pihak yang membeli juga di saat harga GOTO ini turun," kata dia kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: PHK 1.300 Karyawan, Berapa Penghematan Biaya yang Didapat GoTo?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com