Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Kembali Kedatangan Emiten Baru Bernama Techno9 Indonesia

Kompas.com - 05/12/2022, 12:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali kedatangan perusahaan tercatat atau emiten baru pada Senin (5/12/2022). Emiten baru itu ialah PT Techno9 Indonesia Tbk (NINE).

Techno9 Indonesia merupakan emiten yang bergerak dalam bidang perdagangan komputer dan perlengkapannya. Produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan ialah IT managed service, IT infrastructure, cabling solutions, dan surveillance solutions.

"Perusahaan memiliki manajemen yang berpengalaman di bidang industri teknologi informasi lebih dari 15 tahun, dan memiliki pengalaman dalam merencanakan dan mengeksekusi strategi-strategi usaha serta memahami seluk beluk pasar serta perilaku konsumen," ujar Direktur Utama Techno9 Indonesia Heddy Kandou dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: BRI Kuasai 65 Persen Saham Danareksa Investment Management

Dalam pencatatan saham perdana (IPO), NINE menawarkan 432 juta lembar saham baru atau sebesar 20,03 persen total modal disetor peenuh setelah IPO. Saham baru itu ditawarkan dengan harga penawaran Rp 75 per lembar saham, sehingga jumlah keseluruhan dana IPO yang diperoleh sekitar Rp 32,4 miliar.

Sebagian besar atau 52,66 persen dana segar akan digunakan sebagai modal kerja perusahaan. Ini melliputi pembelian barang dagangan hingga penyelenggaraan pelatihan maupun operasional kantor.

Kemudian, 32,09 persen dana yang didapatkan akan digunakan untuk pembukaan sebanyak kurang lebih 19 titik servis di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Adapun sisanya, akan digunakan untuk pembelian gudang dan penyimpanan serta sebagai ruan penunjang operasional.

Baca juga: BI Jelaskan Perbedaan Rupiah Digital dengan Uang Tunai dan Kripto

Heddy menyebutkan, selama masa penawaran umum perseroan memperoleh sambutan positif dari investor. Ini tercermin dari oversubscribed sebanyak 3,81x dari total saham IPO NINE atau oversubscribed sebanyak 5,55x dari porsi pooling.

Sebagai informasi, pada perdagangan perdananya saham NINE bergerak fluktuatif pada sesi I hari ini. Sempat melesat pada awal perdagangan, NINE melemah 2,67 persen ke Rp 73 pada 11.30 WIB.

Baca juga: Impor Beras Vs Produksi Dalam Negeri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+