Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia di Penghujung 2022

Kompas.com - Diperbarui 10/12/2022, 19:42 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia 2022. Dalam laporannya, Forbes mencatat ada 2.668 miliarder dunia yang masuk dalam daftar, atau 87 lebih sedikit dari tahun lalu.

Dilansir dari Forbes, kekayaan kolektif dari 2.668 orang terkaya di dunia tahun 2022 mencapai 12,7 triliun dollar AS, atau 400 miliar dollar AS lebih rendah dari pada tahun 2021.

Penurunan kekayaan paling dramatis terjadi di Rusia, di mana terdapat 34 miliarder lebih sedikit dari tahun lalu setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina. 

Baca juga: Kemenhub Tambah 5 Rute Baru Angkot untuk Angkut Penumpang LRT Sumsel

Selain itu, penurunan jumlah orang terkaya juga terjadi di China. Tindakan keras pemerintah terhadap perusahaan teknologi membuat 87 miliarder China tidak lagi masuk dalam daftar.

Meski demikian, Forbes menemukan lebih dari 1.000 miliarder yang kekayaannya melonjak dari tahun lalu. Selama setahun terakhir, ada 236 orang kaya baru yang masuk dalam daftar Forbes. Mereka berasal dari Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Daftar orang terkaya di dunia 2022 masih didominasi berasal dari Amerika. Forbes mencatat, ada 735 miliarder Amerika dengan kekayaan kolektif mencapai 4,7 triliun dollar AS, termasuk Elon Musk, yang menduduki posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia.

Baca juga: Cara Konfirmasi Tilang Elektronik atau ETLE secara Online

Dilansir dari Forbes Real Time Billionaires, Sabtu (10/12/2022), berikut daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2022:

1. Elon Musk

Elon Musk masih menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia. Total kekayaan Elon Musk mencapai 188,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.944 triliun.

Kekayaan Elon Musk bersumber dari dua bisnis utamanya, yakni perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan roket luar angkasa SpaceX.

2. Bernard Arnault

Di posisi ke-2 dalam daftar orang terkaya di dunia yaitu Bernard Arnault. Pengusaha asal Prancis ini memiliki kekayaan sebesar 187,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.922 triliun.

Bernard Arnault adalah ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama dunia Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH). Perusahaannya membawahi grup yang terdiri dari 70 merek fashion ternama, termasuk Louis Vuitton (LV) dan Sephora.

Baca juga: Bos PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman, Jamin Masyarakat Tenang Nikmati Libur Nataru

3. Gautam Adani

Pengusaha asal India, Gautam Adani menempati posisi ke-3 orang terkaya dunia tahun 2022. Dia berhasil menyalip Jeff Bezos dari posisi tersebut setelah saham perusahaan miliknya meroket dalam beberapa bulan terakhir.

Forbes memperkirakan bahwa Adani yang berusia 59 tahun memiliki kekayaan bersih 133,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.086 triliun.

Adani adalah pendiri dan ketua Adani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India. Saham masing-masing bisnis tersebut naik antara 19 persen dan 195 persen tahun ini, karena Adani telah memimpin ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara, dan banyak lagi.

Pada Mei lalu, International Holding Co. di Abu Dhabi, yang dijalankan oleh saudara laki-laki putra mahkota Uni Emirat Arab, menginvestasikan 2 miliar dollar AS di tiga perusahaan Adani yang berfokus pada energi hijau.

Baca juga: Mengembangkan Penerbangan Nasional dengan Memperbaiki Network

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com