Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bakal Ekspor 200.000 Ton Jagung ke Vietnam Hingga Malaysia

Kompas.com - 10/01/2023, 16:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pemerintah berencana akan mengekspor jagung ke tiga negara yakni Vietnam, Filipina, dan Malaysia di tahun 2023.

Arief menuturkan jumlah jagung yang akan diekspor di tiga bulan pertama ketika ekspor dimulai, sebanyak 200.000 ton.

"Tahun ini kita jadwalkan 3 bulan pertama untuk sementara 200.000 ton untuk ekspor jagung," ujar Arief saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Selasa (10/1/2022).

Baca juga: Bapanas: Harga Cabai dan Telur Ayam Berangsur Turun

Lebih lanjut Arief mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah bertemu dengan para Duta Besar atau Dubes dari beberapa negara tersebut untuk membahas lebih dalam terkait proses ekspor jagung. Pun Bapanas juga sudah bertemu dengan para pengusaha jagung di Malaysia.

Arief juga mengatakan, untuk mempercepat proses ekspor, pihaknya telah menyiapkan teknologi terbaru berbentuk belalai panjang, yang berfungsi untuk memindahkan jagung tersebut dari satu kapal ke kapal lainnya.

Baca juga: Bulog Bakal Ekspor Jagung ke Filipina


Pihaknya akan menggelontorkan dana sebesar Rp 200 triliun untuk teknologi tersebut.

"Dengan menggunakan teknologi berbentuk belalai. Jadi belalainya akan memindahkan jagung dari kapal ke kapal. Tidak seperti sekarang pakai terpal, pakai jaring dan itu itu harus kita lakukan khusus jagung, dan teknologinya bisa dipakai untuk green lainnya yang biji-bijian," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com