Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Jalin Kerja Sama Strategis, PLN Icon Plus dan SUN Energy Percepat Akselerasi Pemanfaatan EBT di Tanah Air

Kompas.com - 24/02/2023, 14:05 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - SUN Energy bersama dengan grup bisnisnya, SUN Group, memperluas akses pemanfaatan energi surya di Indonesia melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PLN Icon Plus.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus), Ari Rahmat Indra Cahyadi dan Direktur Utama PT Energi Mitra Investama (EMI) Dionpius Jefferson pada Kamis (23/2/2023).

Perlu diketahui, PT EMI merupakan holding company dari unit bisnis SUN Energy, SUNterra, dan SUN Mobility.

Adapun MoU tersebut menyepakati rencana kerja sama penyediaan sistem fotovoltaik di berbagai sektor, sistem manajemen energi, serta pengelolaan dan perdagangan karbon.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menegaskan kembali komitmen PLN Icon Plus yang kini telah bertransformasi sebagai subholding Beyond kWh dari PLN Group sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan energi surya dan akselerasi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.

"PLN Icon Plus dengan semangat transformasi sebagai subholding Beyond kWh dari PLN dan sebagaimana penugasan dari PLN holding. Kami berkomitmen dalam pemanfaatan energi surya dan akselerasi pemanfaatan energi baru terbarukan di Indonesia sama halnya dengan EMI," jelas Ari Rahmat.

Acara penandatanganan MoU kolaborasi SUN Energy dan PLN Icon Plus.Dok SUN Energy Acara penandatanganan MoU kolaborasi SUN Energy dan PLN Icon Plus.

Ari mengatakan bahwa selain memperkuat kolaborasi antara PLN Icon Plus dengan EMI untuk melakukan eksekusi rencana program kerja sama yang disepakati, pihaknya berharap mampu memberikan kontribusi terhadap program pemerintah dalam meningkatkan pasokan sumber EBT yang berkelanjutan di Indonesia.

Merespons hal tersebut, Dionpius mengatakan bahwa SUN Energy mengedepankan nilai-nilai inklusif melalui kerja sama dan kolaborasi demi mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan di masa mendatang.

“Dengan potensi energi surya sebesar 3.295 gigawatt (GW) dan realisasi bauran EBT hingga kini berada di angka 14,11 persen, kami harap pemanfaatan energi surya mampu meningkatkan angka bauran energi sesuai target pemerintah yakni mencapai 23 persen dalam 2 tahun lagi,” ujarnya.

Lewat kerja sama strategis itu, Dionpius menegaskan komitmen SUN Energy bersama unit bisnis lain di bawah Grup SUN dalam memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah dan PLN dalam mengakselerasi pengembangan energi surya, mulai dari skala besar hingga kecil di seluruh sektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com