Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Rempang dan Galang Bakal Jadi Kawasan Ekonomi Baru di Batam

Kompas.com - 10/04/2023, 12:15 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) Muhammad Rudi mengungkapkan rencana pengembangan Pulau Rempang dan Galang sebagai kawasan ekonomi baru di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

“Salah satu perusahaan asing bakal menginvestasikan dana cukup besar di pulau Rempang dan pulau Galang,” kata Rudi usai melakukan Safari Ramadhan di Masjid At-Taqwa Rusunawa Sekupang, Minggu (9/4/2023).

Rudi mengatakan, investor asing tersebut akan menjadikan Pulau Rempang dan Galang sebagai pabrik kaca terbesar di kawasan Asia.

"Sudah ada investor yang bertemu dengan BP Batam. Kami berharap, kehadiran mereka nantinya akan berdampak positif untuk perekonomian Batam," kata Rudi.

Baca juga: Sejarah Pulau Galang di Batam, Eks Tempat Pengungsian Vietnam

Konsultan asal China

Untuk rencana pengembangan kawasan ekonomi baru ini, BP Batam telah bertemu dengan konsultan internasional asal China, Shenzhen Greater Bay Area Financial Institute, beberapa hari lalu.

Apabila kerja sama antara keduanya terealisasi, Shenzhen Greater Bay Area Financial Institute bakal terlibat dalam pengembangan Pulau Rempang dan Galang ke depan.

Hal itu mengingat, Shenzhen Greater Bay Area Financial Institute merupakan institusi yang sangat kredibel di China dan turut membantu pemerintah Shenzhen dalam membuat perencanaan dan pengembangan daerahnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (Special Economic Zone).

"Saya sudah siapkan rencana detail tata ruang untuk pengembangan tersebut. Saya butuh dukungan masyarakat untuk menyelesaikan pembangunan Batam ini ke depannya," tambah Rudi.

Baca juga: Kabar Gembira, Bank Siap Kucurkan Kredit Investasi di Kawasan Ekonomi Baru

Pengembangan kawasan ekonomi baru sesuai arahan pemerintah

Rudi berharap, kawasan ekonomi baru di Pulau Rempang dan Galang dapat memacu pertumbuhan ekonomi Kota Batam.

"Kebijakan yang saya ambil adalah untuk kepentingan bersama. Semoga ekonomi Batam terus membaik," pungkas Rudi.

Sementara, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam Sudirman Saad menuturkan bahwa rencana pengembangan Pulau Rempang dan Galang sesuai dengan arahan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 

"Kami punya land bank di Pulau Rempang dan Galang, tahun ini harus dikerjakan. Mudah-mudahan akan ada kerja sama yang baik ke depan," ujar Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com