Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Bakal Bangun Pabrik Megapack di China

Kompas.com - 10/04/2023, 12:11 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Tesla berencana membuka pabrik di Shanghai China dengan kapasitas produksi 10.000 Megapack per tahun.

Megapack adalah baterai dengan kapasitas besar yang dapat menyimpan energi, menstabilkan jaringan listrik, serta mencegah pemadaman listrik.

“Tesla membuka pabrik Megapack di Shanghai untuk melengkapi produksi pabrik Megapack di California,” tulis Bos Tesla, Elon Musk dalam kicauan di Twitter Minggu (9/4/2023) waktu setempat.

Baca juga: Tesla Pangkas Harga Mobil Lima Kali Sepanjang 2023

Mengutip CNBC, baterai ini memungkinkan operator jaringan untuk memindahkan kapasitas ekstra antar kabupaten atau negara bagian.

Baterai tersebut juga memastikan daya dari sumber terputus, dan dapat disimpan dan digunakan saat permintaan lebih tinggi, atau saat ada pemadaman yang tidak direncanakan dalam jaringan transmisi.

Tesla saat ini memiliki Megafactory di Lathrop, California, yang mampu memproduksi 10.000 unit Megapack setiap tahun. Dalam tweet hari Minggu, CEO Tesla Elon Musk mengatakan pabrik di China akan menambah produksi dari pabrik di California.

Xinhua melaporkan, perusahaan berencana untuk mulai membangun pabrik pada kuartal ketiga tahun ini, dan akan memulai produksi sekitar pertengahan tahun 2024. Hal ini ditandai dengan upacara penandatanganan kesepakatan yang dilakukan di Shanghai.

Baca juga: Kejar Investasi Tesla di RI, Luhut: Minggu Ini Final

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com