Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perawat yang Mampu Hasilkan Rp 2,7 Miliar dalam 9 Bulan

Kompas.com - 10/04/2023, 11:07 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang staf perawat bernama Aspen Tucker (29) berhasil menghasilkan 187.000 dollar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar (kurs Rp 14.895 per dollar AS) dalam 9 bulan. Padahal, ia bukan merupakan lulusan universitas.

Tucker mulai pendapatan fantastis tersebut usai melihat lowongan pekerjaan sebagai perawat perjalanan di Amarillo Texas, dengan gaji 6.700 dollar AS per minggu atau Rp 99,7 juta sepekan. Padahal saat itu Tucker masih bekerja di kampung halamannya di Spartanburg, Carolina Selatan dengan gaji 2.000 dollar AS untuk dua pekan.

"Saya langsung mengemas barang-barang saya dan pergi ke Texas. Itu adalah kesempatan sekali seumur hidup," kata Tucker seperti dikutip dari CNBC.

Baca juga: Pejabat Eselon I ke Bawah Otorita IKN Belum Terima Gaji Berbulan-bulan

Perawat perjalanan adalah perawat terdaftar yang bekerja dalam peran jangka pendek di rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Perawat perjalanan membantu mengisi kekosongan di daerah yang kekurangan perawat sehingga gaji rata-rata perawat perjalanan bisa sangat tinggi.

Tucker mengambil kontrak kerja selama 4-13 minggu, dan 48-60 jam per minggu. Ia juga memaksimalkan lembur untuk memaksimalkan pendapatannya.

Baca juga: Cerita Ayu Prasetyo Raup Puluhan Juta Rupiah karena Gabung Shopee Affiliate


Selama bekerja sembilan bulan dalam setahun, Tucker menghasilan pendapatan tahunan sebesar Rp 2,7 miliar atau 187.000 dollar AS. Ia juga menghabiskan waktu libur di South Caroliona.

"Saya sangat suka tinggal dan menjadi perawat di Spartanburg. Tapi biaya hidup di South Carolina rendah, dan saya dapat memiliki gaji tinggi sebagai perawat perjalanan," ungkapnya.

Tapi ada untung dan rugi dari menjadi perawat perjalanan. Sebagai pria yang bermimpi untuk berpergian sejak kecil, menjadi perawat perjalanan tentunya menyenangkan karena bisa bepergian.

Baca juga: Kisah Sukses Ida Bangun Bisnis Iwakula, Modal Rp 10 Juta Bisa Raup Omzet Rp 30 Juta Per Bulan

Tucker memulai kerja sebagai perawat usai dia mendapatkan gelar associate atau diploma. Jika dibandingkan dengan gelar sarjana yang ditempuh 4 tahun memakan biaya 29.000 dollar AS, sementara diploma hanya memakan biaya 11.000 dollar AS dengan masa studi dua tahun.

Meskipun pendidikan mahal sering sekali berbanding lurus dengan pendapatan. Namun gaji pekerja di AS untuk gelar sarjana berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerjaadalah 69.000 dollar AS. Sementara yang memiliki gelar diploma sebesar 50.000 dollar AS.

Di sisi lain, dengan menjadi perawat perjalanan, Tucker mengungkapkan dirinya sangat kehilangan waktu bersama keluarganya.

Baca juga: Sri Mulyani Pastikan Gaji Ke-13 ASN Cair Juni 2023

"Saya jauh dari keluarga saya, dan ini jauh di luar zona nyaman saja, tapi memang ini tantangannya," ujar Tucker.

Di sisi lain, ia juga mendapatkan lingkungan kerja yang rumit, di mana rumah sakit membawa perawat perjalanan hanya saat mereka butuh staf tambahan. Jadi tidak ada waktu untuk bekerja santai.

Saat bekerja di Fresno, California, Tucker membayar hipotek rumahnya di Spartanburg, ditambah biaya tinggal jangka panjang di Airbnb, serta biaya sewa mobil bulanan.

Baca juga: Cerita Mereka yang Raup Jutaan Rupiah lewat Bagi-bagi Link

Untuk mencukupi itu, solusi Tucker adalah dengan mendapatkan penghasilan tambahan dari real estat. Dia baru-baru ini membeli dupleks di Spartanburg dan menyewakan separuh rumahnya kepada penyewa jangka panjang sambil mendaftarkan separuh lainnya di Airbnb.

Dia berencana untuk menyewa tempat tinggal utamanya juga ketika dia berada di luar kota. Begitulah cara Tucker mengelola pendapatannya, untuk menggantikan atau menambah gajinya ketika dia akhirnya berhenti menjadi perawat perjalanan.

“Saya ingin menciptakan lebih banyak peluang real estat untuk diri saya sendiri sehingga saya dapat bekerja semakin sedikit,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Afrizal, Jualan Bumbu di Pasar Sukses Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah, Ini Resepnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com