Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Marketplace Vulnet Inisiasi Program Pelatihan Keterampilan Wirausaha bagi Siswa SMK

Kompas.com - 26/04/2023, 11:35 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era globalisasi, kewirausahaan menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki setiap individu. Pasalnya, keterampilan ini merupakan salah satu kunci penting untuk menghadapi persaingan di pasar kerja.

Keterampilan kewirausahaan juga dinilai penting agar makin banyak individu yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu, pelatihan kewirausahaan sejak dini sangat penting dilakukan, termasuk di lingkup sekolah menengah kejuruan (SMK).

Namun demikian, pelatihan keterampilan kewirausahaan kepada siswa SMK tidak bisa hanya mengandalkan kegiatan di dalam kelas saja. Dukungan dari pihak sekolah juga sangat penting dalam memperkuat pengalaman belajar kewirausahaan siswa SMK.

Adapun dukungan sekolah dalam melatih kewirausahaan siswa SMK dapat diwujudkan melalui empat cara.

Pertama, peningkatan kualitas kurikulum dan pengajaran. Kedua, pelatihan dan lokakarya.
Ketiga, kolaborasi dengan pihak industri. Keempat, mendukung inisiatif kewirausahaan siswa.

Peran sekolah dalam mendukung dan melatih kewirausahaan siswa SMK tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi masyarakat dan negara. Sebab, siswa dengan kemampuan kewirausahaan yang baik dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sejalan dengan hal tersebut, Vulnet menginisiasi program bantuan kewirausahaan untuk siswa SMK.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/4/2023), program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan siswa SMK serta membuka peluang kerja mandiri di masa depan.

Program tersebut diwujudkan melalui kerja sama antara Vulnet dan pihak sekolah. Kerja sama ini juga bakal dilanjutkan dengan sosialisasi kepada siswa. Bantuan kewirausahaan ini diberikan agar siswa dapat memulai bisnisnya sendiri dengan modal nol melalui platform bisnis profesional.

Untuk diketahui, Vulnet adalah salah satu perusahaan e-commerce di Tanah Air yang meluncurkan platform afiliasi marketplace di Indonesia.

Dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan kewirausahaan siswa SMK, Vulnet membentuk program bantuan kewirausahaan bagi siswa SMK di seluruh Indonesia. Adapun program bantuan kewirausahaan tersebut dilakukan secara paralel saat siswa tengah bekerja atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Bak gayung bersambut, program bantuan kewirausahaan oleh Vulnet tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta Anas Rosich menilai bahwa program tersebut selaras dengan program Bekerja, Melanjutkan, atau Wirausaha (BMW) bagi siswa SMK.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Vulnet, kunjungi media sosial Instagram atau tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com