Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juni Luhut Kunker ke Kenya, Eksekusi Investasi dan Persiapkan Kedatangan Jokowi

Kompas.com - 13/05/2023, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan melaksanakan penandatanganan "Implementation of Joint Business and Investment Linkages" antara Indonesia dan Kenya, pada 11 Mei 2023.

Luhut juga berencana melakukan kunjungan kerja ke Kenya pada Juni 2023. Tujuannya, untuk mempersiapkan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2023.

"Saya berharap kita dapat bergerak cepat mengimplementasikan berbagai kerja sama konkret ini. Saya berencana akan ke Kenya lagi bulan Juni, saya harap dalam waktu dekat sudah ada satu atau dua proyek yang dapat dieksekusi," ujar Luhut dilansir dari laman resmi Kemenko Marves.

Baca juga: Luhut Ungkap Pajak Lahan Sawit Menguap, DJP Lakukan Penelusuran

Pelaksanaan "Joint Business and Investment Indonesia-Kenya" melingkupi 18 area strategis. Yaitu ekonomi biru, tambang bernilai tambah dan energi terbarukan, kendaraan listrik, minyak konsumsi, industri ternak sapi dan perikanan.

Selanjutnya pembangunan infrasruktur, revitalisasi sistem kereta api, farmasi, tekstil, kilang minyak dan industri migas, kerja sama sektor keuangan dan perbankan termasuk fintech.

Pengembangan industri strategis seperti alutsita dan komoditas pertanian seperti kelapa sawit, tebu, dan kopi, pengembangan pelabuhan serta kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Erick Thohir Sebut Jokowi Minta BUMN Perluas Pasar di Afrika

 


Menteri Perdagangan, Investasi, dan Industri Kenya, Moses Kuria menambahkan bahwa "Joint Business and Investment" tersebut merupakan tonggak pencapaian penting bagi perjalanan antara kedua negara menuju hubungan bilateral yang lebih baik dan kuat.

"Saya rasa dengan adanya "book deal" RI-Kenya ini kita memasuki tahapan implementasi karena diskusi yang kita lakukan sudah sangat baik dan jelas targetnya. Kami akan bergerak cepat memastikan implementasi kerja sama yang sudah kita sepakati agar dapat terlaksana," kata Moses.

Dirinya pun akan memfasilitasi kedatangan perusahaan Indonesia yang akan berekspansi dan melakukan penetrasi pasar di Kenya dan Afrika pada Juni 2023 mendatang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com