Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Berpergian Bersama Rombongan? Simak Cara Pesan dan Tarif Sewa Kereta Api Luar Biasa

Kompas.com - 15/05/2023, 12:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki layanan kereta api luar biasa (KLB) dimana masyarakat dapat menyewa KLB untuk perjalanan yang diinginkan.

Dengan menyewa kereta api luar biasa, masyarakat dapat menentukan jenis kereta api, jadwal, stasiun keberangkatan, dan stasiun kedatangan.

Layanan KLB ini bisa dimanfaatkan masyarakat umum sebagai moda transportasi untuk study tour sekolah hingga liburan bersama rekan satu kantor.

Pasalnya, dengan menyewa KLB ini maka suasana perjalanan bersama orang-orang terdekat menjadi lebih privat dan tidak menimbulkan risiko mengganggu penumpang kereta api lainnya.

Lalu, bagaimana cara menyewa kereta api luar biasa?

Baca juga: Viral SMA Negeri 3 Bandung Sewa KLB, Ini Penjelasan KAI

Cara Memesan Kereta Api Luar Biasa

Saat dikonfirmasi Kompas.com, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, cara memesan KLB ini dapat dilakukan dengan menghubungi contact center KAI.

Adapun contact center KAI, yaitu melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, media sosial KAI121, atau customer service di stasiun.

"Calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal H-7 sebelum keberangkatan karena KAI perlu menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal," ujarnya, dikutip Senin (15/5/2023).

Baca juga: Hari Pertama Kereta Luar Biasa, Penumpangnya Hanya 62 Orang

Setelah menghubungi contact center KAI, calon pelanggan dapat mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan.

Setelah itu, PT KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif. Jika telah terjadi kesepakatan, PT KAI akan membuatkan berita acara kesepakatan.

Pada berita acara kesepakatan ini, calon pelanggan akan membayar sejumlah uang muka (down payment/DP). Jika DP sudah dibayarkan, PT KAI akan menyiapkan sarana kereta api luar biasa.

Baca juga: Tiket Kereta Api Luar Biasa Mulai Dijual Hari ini, Simak Detail Rute dan Harganya


Sebagai informasi, layanan kereta api luar biasa ini berupa satu rangkaian khusus KLB dan tidak bisa bergabung dengan kereta api lainnya.

"Satu rangkaian khusus KLB," kata Joni.

Namun saat ditanyai, dia tidak menjelaskan apakah masyarakat umum dapat memesan satu gerbong kereta saja di kereta api yang sudah beroperasi atau tidak.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menyewa satu gerbong saja di kereta api relasi tertentu, baiknya kamu langsung menghubungi contact center PT KAI.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com