Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tujuan Terkait
Tujuan Lestari terkait

Bappenas Sebut Tingkat Kemiskinan di 16 Provinsi Masih Relatif Tinggi

Kompas.com - 05/06/2023, 22:38 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, tingkat kemiskinan di 16 provinsi dari 34 provinsi Indonesia masih relatif tinggi dari sasaran pembangunan pada 2024 mendatang.

“Pembangunan provinsi di 2024 ada sekitar 16 dari 34 provinsi yang kami hitung, karena Papua dan Papua Barat masih jadi satu yang tingkat kemiskinan masih relatif tinggi dibanding sasaran pembangunan 2024 mendatang,” ujar Suharso dilansir dari Kontan.co.id, Senin (5/6/2023).

Untuk diketahui, di akhir masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, angka kemiskinan terus ditekan ke kisaran 6,5-7,5 persen pada tahun 2024.

Baca juga: Orderan di Eropa Sepi, Produsen Sepatu Puma Bakal PHK 600 Karyawan

Akan tetapi, saat ini pemerintah masih mempunyai tugas berat untuk menurunkan angka kemiskinan di 16 provinsi agar bisa mencapai target sasaran pemerintah di 2024 mendatang.

Adapun 16 provinsi yang dimaksud di antaranya, Aceh yang tingkat kemiskinannya di kisaran 12-12,5 persen, Sumatera Selatan sebesar 9,5–10,3 persen. Lampung sebesar 9,5–10 persen, Bengkulu sebesar 13,5–14 persen, Jawa Tengah sebesar 9,5–10 persen, Jawa Timur sebesar 8,5–8,9 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebesar 10,85–11,2 persen.

Kemudian, Gorontalo tingkat kemiskinannya di kisaran 13,7–14 persen, Sulawesi Barat sebesar 8,5-8,7 persen, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 12,5–12,85 persen, Nusa Tenggara Timur sebesar 16,5–16,9 persen, Sulawesi Utara sebesar 9,5-9,8 persen, Sulawesi Tenggara sebesar 10-10,3 persen, Maluku sebesar 14-14,6 persen, dan Papua Barat sebesar 18,9-19,2 persen.

Baca juga: Dusun Kering Kritis di Situbondo Dapat Bantuan Pipa PVC

“Di Kalimantan alhamdulillah semuanya sudah di bawah rata-rata nasional. Di Jawa masih cukup tinggi, Jateng, Jatim dan DIY. Di Sulawesi ada Gorontalo, dan Maluku Papua, NTB dan lainnya yang masih di bawah rata-rata,” imbuhnya. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bappenas: Ada 16 Provinsi yang Tingkat Kemiskinannya Relatif Tinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com