Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 10:22 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Pelabuhan yang ada di Jakarta totalnya ada 13. Bagi masyarakat, mungkin hanya mengenal beberapa saja dari sekian nama pelabuhan di Jakarta, sebut saja Tanjung Priok, Sunda Kelapa, hingga Muara Angke.

Namun sejatinya, ada lebih dari selusin pelabuhan yang ada di Jakarta. Jumlah itu belum menghitung pelabuhan-pelabuhan kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu.

Mengutip laman resmi Informasi Daerah DKI Jakarta, total pelabuhan yang ada di ibu kota jumlahnya mencapai 23 pelabuhan, namun yang ada di daratan Jakarta Utara jumlahnya saat ini adalah 13 pelabuhan.

Apa nama pelabuhan di Jakarta?

Sebagai informasi saja, Jakarta merupakan provinsi pesisir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian sisi Utara, di mana wilayah pantai yang memanjang dari Barat ke Timur seluruhnya masuk Jakarta Utara.

Baca juga: Info Pelabuhan Lembar Lombok, Jadwal Kapal hingga Harga Tiket

Pelabuhan memiliki arti penting sebagai pintu masuk lalu lintas kapal, baik kapal pengangkut barang atau logistik maupun kapal untuk angkutan penumpang.

  1. Pelabuhan Tanjung Priok
  2. Pelabuhan Kalibaru
  3. Pelabuhan Muara Baru
  4. Pelabuhan Sunda kelapa
  5. Pelabuhan Marunda
  6. Pelabuhan Muara Angke Kaliadem
  7. Pantai Mutiara
  8. Pelabuhan Marina Ancol
  9. Pelabuhan Pangkalan Pasir Kalibiru
  10. Pelabuhan Cakung Drain Cilincing
  11. Pelabuhan Kamal Muara
  12. Pelabuhan Muara Angke Perikanan
  13. Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman

Dari ketigabelas nama pelabuhan di Jakarta itu, pemiliknya antara lain BUMN Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Pemprov DKI Jakarta, pengembang swasta, dan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP).

Pelabuhan Tanjung Priok berstatus sebagai pelabuhan utama sekaligus berpredikat sebagai pelabuhan terbesar dan paling sibuk di Indonesia.

Baca juga: Profil Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Berdasarkan PP Nomor 61 Tahun 2009 tentang Pelabuhan, pelabuhan utama adalah pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dan internasional, alih muat angkutan laut dalam negeri dan internasional dalam jumlah besar, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Tanjung Priok sendiri sebenarnya bukan satu pelabuhan saja, melainkan ada beberapa pelabuhan lagi di dalamnya dalam satu kawasan.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut kerap disebut sebagai terminal. Ada lima terminal di Tanjung Priok antara lain Jakarta International Container Terminal I (JICT I), dan Jakarta International Container Terminal II (JICT II).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com