Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Nama Pelabuhan di Jakarta? Ini Daftar Lengkapnya

Kompas.com - 08/06/2023, 10:22 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Pelabuhan yang ada di Jakarta totalnya ada 13. Bagi masyarakat, mungkin hanya mengenal beberapa saja dari sekian nama pelabuhan di Jakarta, sebut saja Tanjung Priok, Sunda Kelapa, hingga Muara Angke.

Namun sejatinya, ada lebih dari selusin pelabuhan yang ada di Jakarta. Jumlah itu belum menghitung pelabuhan-pelabuhan kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu.

Mengutip laman resmi Informasi Daerah DKI Jakarta, total pelabuhan yang ada di ibu kota jumlahnya mencapai 23 pelabuhan, namun yang ada di daratan Jakarta Utara jumlahnya saat ini adalah 13 pelabuhan.

Apa nama pelabuhan di Jakarta?

Sebagai informasi saja, Jakarta merupakan provinsi pesisir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian sisi Utara, di mana wilayah pantai yang memanjang dari Barat ke Timur seluruhnya masuk Jakarta Utara.

Baca juga: Info Pelabuhan Lembar Lombok, Jadwal Kapal hingga Harga Tiket

Pelabuhan memiliki arti penting sebagai pintu masuk lalu lintas kapal, baik kapal pengangkut barang atau logistik maupun kapal untuk angkutan penumpang.

  1. Pelabuhan Tanjung Priok
  2. Pelabuhan Kalibaru
  3. Pelabuhan Muara Baru
  4. Pelabuhan Sunda kelapa
  5. Pelabuhan Marunda
  6. Pelabuhan Muara Angke Kaliadem
  7. Pantai Mutiara
  8. Pelabuhan Marina Ancol
  9. Pelabuhan Pangkalan Pasir Kalibiru
  10. Pelabuhan Cakung Drain Cilincing
  11. Pelabuhan Kamal Muara
  12. Pelabuhan Muara Angke Perikanan
  13. Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman

Dari ketigabelas nama pelabuhan di Jakarta itu, pemiliknya antara lain BUMN Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Pemprov DKI Jakarta, pengembang swasta, dan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP).

Pelabuhan Tanjung Priok berstatus sebagai pelabuhan utama sekaligus berpredikat sebagai pelabuhan terbesar dan paling sibuk di Indonesia.

Baca juga: Profil Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Berdasarkan PP Nomor 61 Tahun 2009 tentang Pelabuhan, pelabuhan utama adalah pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dan internasional, alih muat angkutan laut dalam negeri dan internasional dalam jumlah besar, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Tanjung Priok sendiri sebenarnya bukan satu pelabuhan saja, melainkan ada beberapa pelabuhan lagi di dalamnya dalam satu kawasan.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut kerap disebut sebagai terminal. Ada lima terminal di Tanjung Priok antara lain Jakarta International Container Terminal I (JICT I), dan Jakarta International Container Terminal II (JICT II).

Berikutnya Terminal Petikemas Koja (TPK Koja), Mustika Alam Lestari (MAL), dan Multi Terminal Indonesia (MTI).

Baca juga: Profil Pelabuhan Bakauheni Lampung, Jadwal, dan Harga Tiketnya

Total ada 13 pelabuhan yang ada di Jakarta Utara. Kemudian ada lagi 10 pelabuhan di Kepulauan Seribu. Lalu apa nama pelabuhan di Jakarta yang eksis saat ini?KOMPAS.com/Ihsanuddin Total ada 13 pelabuhan yang ada di Jakarta Utara. Kemudian ada lagi 10 pelabuhan di Kepulauan Seribu. Lalu apa nama pelabuhan di Jakarta yang eksis saat ini?

Sementara itu, Pelabuhan Kalibaru, Muara Baru, Sunda Kelapa, dan Marunda merupakan pelabuhan pengumpul.

Pelabuhan pengumpul ini berfungsi melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.

Sementara Pelabuhan Muara Angke, Mutiara, Marina Ancol, Pangkalan Pasir Kalibiru, dan Cakung Drain Cilincing merupakan pelabuhan pengumpan regional. Sedangkan Kamal Mutiara dan Muara Angke Perikanan merupakan pelabuhan nelayan.

Selain yang ada di daratan Jakarta, ada 10 pelabuhan lainnya berada di Kepulauan Seribu. Status pelabuhan-pelabuhan itu merupakan pelabuhan pengumpan lokal.

Baca juga: Info Pelabuhan Gilimanuk Bali, Jadwal Kapal, dan Harga Tiket

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com