Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rasanya Ikut Uji Coba LRT Jabodebek

Kompas.com - 12/07/2023, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dimulai hari ini, Selasa (12/7/2023). Adapun acara soft launching diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pada uji coba LRT Jabodebek tahap pertama yang diselenggarakan 12-26 Juli 2023 ini, peserta uji coba merupakan undangan terbatas dari kementerian atau lembaga, jurnalis atau media, dan komunitas. 

Kompas.com menjadi salah satu media yang diundang untuk menjajal uji coba LRT Jabodebek hari ini dengan rute Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur ke Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta.

Untuk menuju titik keberangkatan uji coba yakni Stasiun Harjamukti, Kompas.com menggunakan kendaraan sepeda motor dari Jakarta Pusat sehingga memakan waktu sekitar 1 jam.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Dimulai Hari Ini, tapi Bukan untuk Masyarakat Umum

Dalam perjalanan menuju Stasiun Harjamukti, sejumlah papan penunjuk jalan sudah terpasang di ruas-ruas jalan sehingga tidak sulit menemukan stasiun tersebut.

Saat sampai stasiun, pengunjung dapat memilih menggunakan tangga atau eskalator untuk naik ke gerbang masuk stasiun.

Kemudian, Kompas.com pun melakukan tap kartu uang elektronik Flazz BCA di gerbang masuk. Namun sistem tidak dapat membaca kartu uang elektronik tersebut.

Akhirnya Kompas.com bisa masuk ke dalam stasiun dengan meminjam kartu uang elektronik milik teman. Oleh karenanya, jika ingin mengikuti uji coba LRT Jabodebek lebih baik membawa lebih dari 1 kartu uang elektronik untuk sebagai cadangan.

Pasalnya, kartu uang elektronik ini penting untuk tap in dan tap out saat akan masuk ke stasiun keberangkatan dan tujuan. Kartu ini juga digunakan untuk membayar tiket LRT Jabodebek yang pada saat uji coba sebesar Rp 1.

Setelah berhasil masuk, Kompas.com menuju peron stasiun yang ada di lantai 3 menggunakan eskalator, lalu langsung masuk ke gerbong LRT Jabodebek yang sudah tersedia di lintasan.

Baca juga: Masyarakat Umum Bisa Naik LRT Jabodebek Mulai 15 Agustus

Saat di dalam rangkaian, sudah ramai penumpang yang akan mengikuti uji coba namun tidak terlalu padat. Mungkin karena pada uji coba perdana ini peserta hanya berasal dari kalangan media dan para pemangku kepentingan yang diundang kementerian dan lembaga.

Sebagai informasi, satu rangkaian LRT Jabodebek terdiri dari 6 gerbong dan berkapasitas 1.308 orang dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri. Setiap gerbong juga dilengkapi dengan 1 kursi untuk penumpang disabilitas.

Rangkaian LRT Jabodebek mulai berangkat dari Stasiun Harjamukti pada pukul 10.00 WIB.

Sepanjang perjalanan terasa nyaman karena suara mesin LRT buatan PT INKA ini tidak terlalu bising dan pergerakannya tidak terlalu mengguncang seperti kereta api konvensional.

Rangkaian LRT Jabodebek sampai di Staisun LRT Dukuh Atas pada pukul 10.52 WIB sehingga waktu tempuh LRT Jabodebek rute Cibubur Line ini sekitar 52 menit.

Setelah sampai di Stasiun Dukuh Atas, Menhub dan rombongan tidak melanjutkan uji coba dan langsung kembali menuju agenda selanjutnya. Sementara bagi peserta lainnya diperbolehkan ikut perjalanan LRT Jabodebek kembali ke Stasiun Harjamukti.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek akan Dibagi 2 Tahap

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com