Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Modus Penipuan Berkedok "Hoaks" yang Menerpa BCA

Kompas.com - 28/07/2023, 14:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia (BCA) diterpa sederatan informasi palsu atau hoaks yang menyerang perusahaannya.

Kompas.com merangkum, sekurang-kurangnya terdapat empat modus penipuan berbasis hoaks yang menyasar bank swasta tersebut.

Informasi tersebut mulai dari transfer Rp 0 dari rekening BCA ke rekening bank lain, tampilan pop up peringatan virus di aplikasi BCA mobile, hingga adanya klaim dari pihak yang memiliki data nasabah, dan penawaran akses ke sistem finansial BCA.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, perkembangan teknologi membuka pintu bagi modus penipuan yang semakin canggih.

"Tidak ada nasabah yang mengalami kerugian finansial di tengah ramainya informasi palsu (hoaks) dan klaim oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata dia, dalam keterangan resmi, Jumat (28/7/2023).

Baca juga: Kata BCA soal Berbagai Modus Penipuan yang Catut Nama Bank

Ia mengimbau nasabah untuk berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA dan berbagai modus penipuan yang bertujuan untuk mengetahui data nasabah.

"Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti BCA ID, password, One Time Password (OTP), nomor kartu ATM, dan Personal Identification Number (PIN) kepada siapapun," imbuh dia.

Tak lupa, Hera juga meminta nasabah juga mengubah PIN dan password secara berkala.

Di samping itu, BCA juga melakukan pengamanan data dengan menerapkan strategi dan standar keamanan berlapis serta mitigasi risiko yang diperlukan.

Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui 1500888, aplikasi Halo BCA, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id.

Berikut ini adalah rangkuman empat modus penipuan berbasis hoaks yang menyerang BCA beberapa hari belakangan.

1. Transfer Antarbank Rp 0

Sebuah informasi yang menyebutkan tarif transfer antarbank di Bank Central Asia (BCA) Rp 0 alias gratis, beredar di media sosial.

Pemilik rekening BCA disebutkan bisa mendapatkan layanan transfer Rp 0 itu dengan cara mendaftar melalui klik "Sign Up" pada kolom iklan tersebut.

BCA menuturkan, kabar soal transfer gratis antar bank dengan cara mendaftar melalui metode tertentu adalah tidak benar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com