Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa Jadi Rp 5 Miliar, Berapa Besaran Saat Ini?

Kompas.com - 12/09/2023, 10:18 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin sudah menyampaikan sejumlah janji jika terpilih dalam perhelatan pemilihan presiden alias pilpres 2024.

Salah satu janji yang dilontarkan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu ialah menaikkan alokasi dana desa.

Cak Imin mengatakan, jika dirinya bersama bakal calon presiden Anies Baswedan terpilih, alokasi dana desa akan dinaikan menjadi Rp 5 miliar. Angka ini naik dari nilai dana desa yang diklaim mencapai Rp 2 miliar saat ini.

Baca juga: Jokowi Pamer Telah Gelontorkan Rp 539 Triliun Dana Desa untuk Bangun Infrastruktur

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Sekjen Kemendes PDTT bersama Eselon 1 Kemendes PDTT menyerahkan piagam penghargaan kepada Pegawai dan Unit Kerja dengan kinerja terbaik di lingkungan Kemendes PDTT saat Apel Pagi Gabungan, Jakarta, Kamis (7/9/2023).Mugi/Kemendesa PDTT Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Sekjen Kemendes PDTT bersama Eselon 1 Kemendes PDTT menyerahkan piagam penghargaan kepada Pegawai dan Unit Kerja dengan kinerja terbaik di lingkungan Kemendes PDTT saat Apel Pagi Gabungan, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

"Kalau saya nanti sama Mas Anies menang, insya Allah akan ada perubahan drastis di dalam pengelolaan-pengelolaan aset dan kekayaan negara bagi percepatan kemakmuran negara. 2023 berhasil Rp 2 miliar, insya Allah 2024 tiap desa bisa sampai Rp 5 miliar per desa," ujar dia, dalam pidato politik di Pondok Pesantren Al Aqobah Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023) lalu. 

Menurutnya, besaran dana desa terus naik sejak Abdul Halim Iskandar menjabat sebagai menteri desa, pembangunan daearh tertinggal, dan transmigrasi.

Sebagai informasi, Abdul Halim merupakan kakak kandung Cak Imin dan juga kader PKB.

"Bayangkan dulu tiap desa cuma Rp 250 juta. Di tangan Pak Halim (Mendes), bisa melonjak langsung jadi Rp 2 miliar per desa," katanya.

Baca juga: Berkat Dana Desa, Kemenkeu Sebut Jumlah Desa Tertinggal Turun Jadi 9.221

Dengan melihat janji Cak Imim tersebut, berapa sebenarnya anggaran dana desa saat ini?

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan, alokasi dana desa pada tahun ini sebesar Rp 70 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk 74.954 desa di Tanah Air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com