Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya "E-commerce Enabler" untuk Bantu Merek Dorong Penjualan Digital

Kompas.com - 15/09/2023, 08:48 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan "e-commerce enabler" merupakan perusahaan yang membantu brand atau merek usaha untuk mengembangkan kanal penjualan digital secara menyeluruh. Perusahaan jenis ini jadi solusi bagi pelaku usaha ketika mengembangkan brand mereka melalui e-commerce.

Layanan e-commerce enabler mulai dari mengelola inventaris, membuat konten pemasaran, melayani pesanan pelanggan, hingga pengiriman produk dan pembuatan laporan penjualan yang komprehensif.

Salah satu e-commerce enabler yakni AHA Commerce. Perusahaan ini fokus membantu brand atau merek lokal mengembangkan kanal dan penjualan digital di e-commerce.

Dalam memberikan layanannya, AHA Commerce menggunakan kecerdasan buatan (AI) bernama AHAbot yang dapat menganalisa tren penjualan brand dengan akurat dan memberikan rekomendasi yang tepat. Solusi AHAbot pertama kali diluncurkan di Shopee pada tahun 2021.

Baca juga: Saatnya UMKM Memiliki Merek Produknya

Salah satu brand lokal yang merasakan manfaatnya adalah BRASOV yang sudah join bersama AHA sejak tahun 2015 lalu. Brand parfum yang merupakan bisnis keluarga ini mengaku kesulitan untuk menghidupkan kembali omset setelah lama vakum di Indonesia.

Untuk membantu BRASOV, AHA Commerce menyiapkan langkah pembukaan toko online, termasuk mendapatkan badge LazMall atau Shopee Mall.

Di tahap awal, sistem robotik AHA Commerce menganalisa performa toko online BRASOV, tingkat konversi, hingga traffic yang dimiliki. Setelah itu, tim AHA pun membuat strategi baru untuk bisa mengerek angka penjualan online-nya.

“Setiap sistem marketplace di Indonesia mempunyai tools dan algoritma yang berbeda. Karena itu, tim kami selalu beradaptasi dengan cepat agar bisa menyiapkan strategi yang tepat bagi brand," ujar Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce, melalui keterangannya, Jumat (15/9/2023).

"Seiring berjalannya waktu, omset yang hanya puluhan juta pun naik menjadi ratusan dan bahkan miliaran rupiah. Karena hasil penjualan yang meningkat, para reseller pun berdatangan untuk bisa memperluas distribusi produk BRASOV sehingga performa bisnis mereka semakin memuaskan," lanjutnya.

Baca juga: Luncurkan EmasKITA, Hartadinata Bidik Penjualan Digital Tumbuh 50 Persen Tahun Ini

Andre Chouw, Chief Relationship Officer AHA Commerce menambahkan, penting terjadi sinergi dua arah antara e-commerce enabler dan brand. Hal itu, sebab lanskap e-commerce di Indonesia akan selalu berubah. Sehingga penting untuk mempunyai rasa saling percaya antara e-commerce enabler dengan brand.

"Misalnya, kami mengatur seluruh fitur promosi yang ada pada marketplace dan dari brand juga menjaga supaya stok produknya dapat terpenuhi dengan baik, serta melakukan aktivitas branding supaya brand mereka semakin terkenal," lanjutnya.

Sebagai informasi, AHA Commerce baru saja meraih gelar sebagai Indonesia Lazada Partner of the Year pada penyelenggaraan LazMall 2023 Brands Future Forum (BFF) AWARDS yang diadakan di Marina Bay Sands, Singapura. Selain itu, perusahaan ini juga berhasil menyabet gelar sebagai Shopee Premium Enabler 2023 dan menjadi perwakilan Indonesia di skala Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com