Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Sudah Salurkan Rp 52 Triliun Buat Pembiayaan Ekonomi Hijau

Kompas.com - 23/10/2023, 19:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI telah menyalurkan Rp 52 triliun untuk pembiayaan kategori kegiatan usaha berkelanjutan atau berkaitan dengan ekonomi hijau di sepanjang semester I-2023.

Direktur Finance & Strategy BSI Ade Cahyo Nugroho mengatakan, perusahaan terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hijau melalui penyaluran pembiayaan.

"Dari Rp 230 triliun pembiayaan kita, ada Rp 52 triliun yang kita yakin relevan dengan praktik-praktik yang mendukung green ecenomy (ekonomi hijau)," ujarnya dalam acara Kompas100 CEO Forum Powered by PLN di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Baca juga: Catatkan Kinerja Solid, Laba BSI Melesat 32,41 Persen pada Kuartal II 2023

Pembiayaan yang mendukung ekonomi hijau tersebut didominasi dari pembiayaan produk yang dapat mengurangi penggunaan sumber daya dan menghasilkan lebih sedikit polusi sebesar Rp 4,7 triliun, penggunaan lahan yang berkelanjutan Rp 4,1 triliun dan energi terbarukan Rp 1,7 triliun.

Menurut Ade, porsi pembiayaan BSI untuk sektor ekonomi hijau sudah tumbuh signifikan. Namun tetap saja masih kecil jika dibandingkan dengan total pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp 230 triliun.

"Terus terang, dari Rp 52 triliun itu, sebagian besarnya sifatnya sosial, yang green banget itu masih sedikit," imbuh dia.

Baca juga: Jadi Bank Terbaik KBMI 3 dan The Most Outstanding Bank Syariah, BSI Catat 68 Penghargaan Sepanjang 2023

 


Maka dari itu, perseroan akan menggenjot ke arah pembiayaan hijau. BSI sendiri sedang mengkaji untuk menyediakan pembiayaan murah pada mobil listrik maupun motor listrik.

Begitu pula dengan pembiayaan ke korporasi, misal ke PLN untuk proyek pembangunan energi terbarukan, maka BSI bisa menyediakan pembiayaan murah.

"Jadi BSI mau push ke depan. Ini mau kita dorong lebih tinggi lagi (pembiayaan ke ekonomi hijau)," kata Ade.

Baca juga: BSI dan Relawan Bakti BUMN Lakukan Pemberdayaan Masyarakat di Meunasah Asan, Aceh Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com