Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Indikator Pertumbuhan Ekonomi yang Paling Banyak Digunakan

Kompas.com - 03/12/2023, 13:41 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada cukup banyak indikator pertumbuhan ekonomi. Salah satunya indikator tingkat keberhasilan pertumbuhan ekonomi antara lain dilihat dari produk domestik bruto (PDB).

Mengutip laman Investopedia, kenaikan PDB selama puluhan tahun menjadi indikator pertumbuhan ekonomi yang paling banyak digunakan.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu, beberapa ekonom menyoroti keterbatasan dan anggapan dalam penghitungan PDB yang dianggap masih kurang akurat.

Itu sebabnya, saat ini mulai banyak metode dan indikator yang digunakan dalam mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Misalnya saja dengan menggunakan indikator kualitas hidup, investasi, hingga angka pengangguran.

Baca juga: Indikator Tingkat Keberhasilan Pertumbuhan Ekonomi

10 indikator pertumbuhan ekonomi

Apa saja indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi suatu negara?

Mengutip laman resmi Bank Dunia, indikator-indikator pada ekonomi memungkinkan kita menganalisis berbagai aspek aktivitas ekonomi nasional.

Ketika suatu negara memproduksi barang dan jasa, dan mengkonsumsinya di dalam negeri atau berdagang secara internasional, indikator ekonomi mengukur tingkat kenaikannya (tumbuh) atau sebaliknya melemah (menurun ekonominya).

Indikator pertumbuhan ekonomi adalah serangkaian data atau parameter yang digunakan untuk mengukur kesehatan dan perkembangan ekonomi suatu negara atau wilayah.

Beberapa indikator utama pertumbuhan ekonomi melibatkan berbagai aspek aktivitas ekonomi. Apa indikator yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi?

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Dimaknai Sebagai Suatu Proses Apa?

Berikut adalah beberapa indikator pertumbuhan ekonomi:

1. Produk domestik bruto (PDB)

PDB merupakan nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam satu periode waktu tertentu. Ini adalah indikator kunci pertumbuhan ekonomi.

2. Pertumbuhan PDB

Indikator tingkat keberhasilan pertumbuhan ekonomi antara lain dilihat dari peningkatan PDB. Tingkat pertumbuhan PDB mencerminkan perubahan persentase dalam nilai PDB dari satu periode ke periode lainnya. Pertumbuhan positif menunjukkan ekspansi ekonomi.

3. Pertumbuhan pendapatan per kapita

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com