Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kepada Petani Milenial, Menko Airlangga Jelaskan Upaya Pemerintah Buka Akses Pasar

Kompas.com - 15/12/2023, 20:22 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

 

 

KOMPAS.com - Pemerintah berupaya mewujudkan ketahanan pangan nasional. Upaya ini memerlukan kerja sama segenap stakeholders terkait dan petani milenial atau petani berusia muda yang mempunyai peran besar untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan. 

Pemerintah juga berupaya memberikan akses pasar lebih luas bagi hasil pertanian yang akan membantu meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur pada Kamis (14/12/2023), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto melakukan temu wicara dengan sekitar 300 petani milenial dan menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil pemerintah.

Pemerintah melakukan sejumlah upaya untuk membuka akses pasar, di antaranya meningkatkan infrastruktur subsektor pendukung, seperti transportasi dan pergudangan, serta perdagangan ritel, mendorong kemitraan dengan penjamin (offtaker), dan memberikan insentif berupa dukungan permodalan, seperti subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR).

Pemerintah juga telah menambah alokasi pupuk subsidi dari 7,7 juta ton pada 2022 menjadi 7,8 juta ton pada 2023.

Di sisi lain, pemerintah sedang membenahi sistem pemberian pupuk subsidi dengan memvalidasi data dan memastikan penyaluran pupuk sesuai dengan perencanaan dan standar operasional prosedur serta melakukan realokasi distribusi pupuk subsidi.

Baca juga: Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Transformasi Industri Pangan

Pada kesempatan itu, Airlangga mengaku senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan para petani milenial dari Kabupaten Lamongan. 

Dia mengatakan, pemerintah sudah menjalankan beberapa upaya untuk memperbanyak jumlah petani milenial.

Beberapa upaya itu, seperti modernitas sistem Politeknik Pertanian, memanfaatkan teknologi digital, menyediakan fasilitas pendanaan seperti KUR, serta mendukung dan mendorong inovasi.

Airlangga juga mendorong para petani supaya dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman KUR, terutama untuk mendapatkan tambahan permodalan. 

Pemerintah sudah menyiapkan KUR Pertanian hingga mencapai Rp 70 triliun yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan permodalan petani, mulai dari on farm hingga off farm maupun hulu sampai hilir.

Baca juga: Menko Airlangga: Pemerintah Telah Siapkan Strategi untuk Jaga Prospek Pertumbuhan Ekonomi

“Kalau nilai KUR di bawah Rp100 juta tidak perlu jaminan. Bunganya rendah hanya 6 persen per tahun,” katanya melansir ekon.go.id.

Selain itu, ada KUR alat mesin pertanian (alsintan) yang bisa sampai Rp 2 miliar, dengan down payment (DP) alsintan cukup membayar 10 persen dengan bunga 3 persen. 

“KUR pertanian bisa bikin KUR kelompok sehingga kalau butuh bisa kumpul dan kami bisa salurkan itu,” tutur Airlangga.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Anggota DPR RI, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, dan Staf Khusus Menko Perekonomian.

Hadir pula Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Bupati Lamongan, Anggota Dewan Energi Nasional, dan para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bidang pertanian.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Menko Airlangga: Tidak Ada Pilihan Lain, Indonesia Negara Kepulauan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com