Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bandara RI Masuk Kategori Terburuk Versi AirHelp, Menhub: Yang Penting "Security" dan "Safety"

Kompas.com - 01/01/2024, 12:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga bandara di Indonesia masuk dalam daftar 10 bandara terburuk di dunia versi AirHelp. Ketiga bandara tersebut yaitu Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan Bandara SYamsuddin Noor.

Menanggapi laporan tersebut, Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas bandara di Indonesia agar lebih kompetitif secara global.

Kendati demikian, menurutnya, yang penting dari sebuah bandara bukan hanya indah dipandang secara fisik tetapi terletak pada aspek keamanan dan keselamatan.

Baca juga: Antrean Panjang, Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis ke Bandara Ngurah Rai

"Saya termasuk yang konservatif. jadi pokoknya gunakan uang itu dengan efisien. Yang penting adalah security dan safety itu dijaga, bukan bagus-bagusan. Jadi kalau bilang yang terjelek itu belum tentu jelek," ujarnya di Sarinah, dikutip Senin (1/1/2023).

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah membangun bandara-bandara agar memiliki desain yang lebih cantik dan modern.

Upaya ini akan dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan keuangan perusahaan pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura (Persero) I dan II.

"Bandara Fakfak modern sekali itu bisa jadi contoh, Mentawai juga bagus sekali. Tapi kan ini ada stagesnya dan kita beri kesempatan AP untuk meng-interrupt itu semua," tuturnya.

Sebagai informasi, laporan ini diterbitkan oleh AirHelp dalam pemeringkatannya yang bertajuk Global Airport Rank. Laporan tersebut berisi 194 bandara terbaik hingga terburuk.

Dalam daftar tersebut, Bandara Internasional Halim Perdanakusuma diberi skor 6,63/10. Ketepatan waktu (on time performance/OTP) bandara tersebut diberi skor 5,7.

Adapun layanan makanan dan toko diberi skor 8,1 dan opini konsumen diganjar skor 8. Secara keseluruhan, Bandara Halim Perdanakusuma berada di peringkat 185 dalam daftar Global Airport Rank.

Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai atau Denpasar International Airport diganjar skor keseluruhan 6,55/10 oleh AirHelp. OTP Bandara Internasional Ngurah Rai diberi skor 5,5 dan skor opini konsumen 7,9.

Adapun skor untuk layanan makanan dan toko mencapai 8,3. Secara keseluruhan, Bandara I Gusti Ngurah Rai berada di peringkat 189 dalam daftar Global Airport Rank.

Kemudian, Bandara Internasional Syamsuddin Noor di Banjarmasin berada di peringkat 194 dalam daftar Global Airport Rank.

Bandara ini diganjar skor keseluruhan 6,39/10. OTP bandara ini diberi skor 5,2. Sementara itu, skor opini konsumen mencapai 8,2 dan layanan makanan dan toko dibersi skor 8.

Berikut daftar 10 bandara terburuk di dunia versi AirHelp:
194. Syamsudin Noor International Airport (Indonesia)
193. Malta International Airport (Malta)
192. London Gatwick Airport (Inggris) 191. Lisbon Humberto Delgado Airport (Portugal)
190. Belgrade Nikola Tesla Airport (Serbia)
189. Ngurah Rai International Airport (Indonesia)
188. Toronto Pearson International Airport (Kanada)
187. Sofia Airport (Bulgaria)
186. Marseille Provence Airport (Prancis)
185. Halim Perdanakusuma International Airport (Indonesia)

Baca juga: 3 Bandara RI Masuk Daftar 10 Bandara Terburuk di Dunia Versi AirHelp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com