Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Mahal, Harga Makanan di Warteg Ikut Terkerek

Kompas.com - 02/03/2024, 08:37 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga nasi dan lauk yang dijual di warung Tegal (warteg) dan tempat makan lainnya mengalami kenaikan pada Februari lalu. Ini salah satunya dipicu oleh tingginya harga beras.

Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) M. Habibullah mengatakan, kenaikan harga nasi dan lauk di warteg dan tempat makan lainnya terefleksikan pada komponen inflasi komoditas nasi dan lauk pauk.

"Harga makanan di warteg yang dapat digambarkan oleh komoditas nasi dan lauk pauk, jadi ketika kita makan di mana pun, juga tidak hanya di warteg, dengan komoditas nasi dan lauk pauk tercatat mengalami kenaikan," tutur dia, dalam konferensi pers, Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Sedih Kala Beras Mahal, Pedagang Warteg: Kalau Ikut Naikin Harga, Siapa yang Beli?

Lebih lanjut Habibullah melaporkan, komponen komoditas nasi dan lauk pauk mencatat inflasi sebesar 0,30 persen pada Februari lalu. Dengan kenaikan itu, komponen nasi dan lauk pauk berkontribusi sebesar 0,01 persen terhadap inflasi.

Kenaikan harga beras tidak terlepas dari harga beras yang tinggi. BPS mencatat, komoditas beras masih mencatatkan inflasi yang tinggi pada Februari lalu.

Secara bulanan, beras mengalami inflasi sebesar 5,32 persen. Beras pun tercatat menjadi pemicu utama inflasi pada Februari lalu, dengan andil inflasi mencapai 0,21 persen.

Baca juga: Daftar Harga Franchise Warteg Selera Bahari, Kharisma Bahari dan New Bahari

"Komoditas penyumbang inflasi adalah yang pertama beras dengan andil 0,21 persen," kata Habibullah.

Selain beras, sejumlah komoditas pangan lain juga memberikan andil yang dominan terhadap inflasi Februari lalu. Tercatat cabai merah memberikan andil sebesar 0,03 persen, telur ayam ras memberikan andil 0,04 persen, daging ayam ras berkontribusi 0,02 persen, dan minyak goreng memberikan andil 0,01 persen.

Dengan perkembangan tersebut, tercatat secara keseluruhan tingkat inflasi nasional mencapai 0,37 persen secara bulanan pada Februari lalu. Ini melonjak dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 0,04 persen.

Baca juga: Modal Awal Buka Bisnis Franchise Warteg Selera Bahari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com