Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Bayangi Wall Street, Dow Jones Ditutup Melemah

Kompas.com - 14/05/2024, 07:01 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Bursa saham New Yors Amerika Serikat atau Wall Street mayoritas merah pada akhir perdagangan Senin (13/5/2024) waktu setempat (Selasa WIB).

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) berakhir di zona merah untuk pertama kalinya dalam sembilan hari terakhir, karena ekspektasi konsumen terhadap inflasi meningkat.

DJIA ditutup melemah 0,21 persen (81,3 poin) pada level 39.431,51. Kemudian S&P 500 turun tipis 0,02 persen (1,2 poin) dan berakhir pada posisi 5.221,42. Sementara Nasdaq Komposit berhasil naik 0,29 persen atau 47,3 poin ke level 16.388,24.

Baca juga: IHSG Berakhir di Zona Hijau , Rupiah Melemah

Survei Federal Reserve di New York menunjukkan bahwa data konsumen bulan lalu meningkatkan ekspektasi terhadap kenaikan harga, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam satu tahun, ekspektasi inflasi naik menjadi 3,3 persen dan prospek lima tahun mereka meningkat menjadi 2,8 persen.

Harga saham sempat naik setelah hasil survei dikeluarkan. Angka-angka tersebut juga muncul menjelang dua rilis data ekonomi utama. Selanjutnya, investor menantikan laporan indeks harga konsumen dijadwalkan rilis pada hari Rabu.

Ekonom yang disurvei Dow Jones memperkirakan inflasi di bulan April akan naik sebesar 0,4 persen MoM dan 3,4 persen YoY. Indeks harga produsen, yang akan dirilis pada hari Selasa, diperkirakan naik 0,3 persen.

Saham GameStop melonjak 74 persen setelah meme “Roaring Kitty,” diposting online untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

30 saham dalam indeks Dow Jones menunjukkan kinerja mingguan terbaiknya pada 2024, dengan kenaikan lebih dari 2 persen. Sementara itu, S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik lebih dari 1 persen.

Baca juga: Mengenal Market Order, Fitur Pemesanan Saham di Harga Terbaik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com