Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prudential Dorong Peningkatan Literasi Keuangan Perempuan Indonesia

Kompas.com - 11/06/2024, 18:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mendorong pentingnya literasi keuangan dan memiliki perlindungan bagi perempuan sebagai roda penggerak ekonomi Indonesia.

Hal ini dilakukan melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan untuk membantu perempuan Indonesia semakin berdaya secara finansial, serta mewujudkan keluarga yang lebih sehat dan sejahtera.

Salah satunya acara Kartini Pasar Modal yang diadakan dalam rangka Hari Kartini di Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Pasar Modal untuk Pemula, Sucor Sekuritas Luncurkan Sucor Academy

Ilustrasi asuransi jiwa Prudential.SHUTTERSTOCK/KONEKTUS PHOTO Ilustrasi asuransi jiwa Prudential.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia mengatakan, pihaknya meyakini perempuan memegang peranan kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ibu sebagai pengelola keuangan keluarga berperan sangat penting untuk memastikan keuangan keluarganya tetap terkelola dan terencana dengan bijak sehingga keluarga dapat hidup sehat, kebutuhan tercukupi, dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah," kata Karin dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2024).

Melalui program literasi keuangan ini Prudential Indonesia perlu terus digaungkan bagi perempuan Indonesia, termasuk para perempuan bahwa memiliki perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga sejak dini sangat penting agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan dan finansial yang mungkin muncul ke depannya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, sebanyak 49,4 persen dari total 275,7 juta penduduk Indonesia adalah perempuan, di mana 64,5 persen di antaranya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga: OJK: Literasi Keuangan Syariah Tembus 39 Persen, tapi Inklusi 12 Persen

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com