Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prudential Laporkan Premi Baru Tumbuh 15 Persen pada 2023

Kompas.com - 25/04/2024, 21:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mengumumkan hasil kinerja perusahaan selama 2023.

Secara gabungan, Prudential mencatatkan pertumbuhan hingga 15 persen berdasarkan nilai premi baru yang disetahunkan atau annualized premium equivalent (APE).

Di samping itu, secara gabungan, kedua perusahaan mencatatkan total pendapatan premi dan kontribusi sebesar Rp 22 triliun dan total aset Rp 66 triliun.

Baca juga: Prudential Beri Edukasi Literasi Keuangan untuk Siswa SD

Ilustrasi asuransi jiwa Prudential.SHUTTERSTOCK/KONEKTUS PHOTO Ilustrasi asuransi jiwa Prudential.

Sepanjang 2023 Prudential Indonesia mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 22 persen berdasarkan APE dari lini bisnis konvensional, jauh diatas pertumbuhan industri.

Prudential Indonesia mencatatkan total pendapatan premi sebesar Rp 19 triliun, dengan total aset Rp 60 triliun, dan dipercaya mengelola dana investasi hingga Rp 56 triliun. Sepanjang tahun lalu, pembayaran klaim dan manfaat perseroan tercatat sebesar Rp 17 triliun atau lebih dari Rp 46 miliar per hari.

Hal ini didukung oleh tingkat kesehatan perusahaan yang salah satunya tercermin dari Tingkat Solvabilitas (Risk Based Capital/RBC) Prudential Indonesia sebesar 470 persen.

Tony Benitez, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan, performa yang solid di 2023 semakin memperkuat optimisme perseroan untuk dapat terus meningkatkan kinerja positif perusahaan secara berkelanjutan, agar dapat menghadirkan perlindungan optimal sesuai kebutuhan, tujuan keuangan, dan profil risiko nasabah.

Baca juga: Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

"Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti," kata Benitez dalam keterangan resmi, Kamis (25/4/2024).

Sementara itu, total kontribusi bruto dari Prudential Syariah di tahun 2023 mencapai lebih dari Rp 3,2 Triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 38 persen dibandingkan dengan tahun 2022, termasuk di dalamnya adalah kontribusi Dana Tabarru’ sebesar Rp 1,2 triliun yang juga mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com