Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Ekonomi Global dalam Momen Sulit dan Kehilangan Momentum

Kompas.com - 04/04/2019, 08:03 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, mengatakan ekonomi global kini berada dalam momen yang semakin sulit.

“Pertumbuhan kehilangan momentum yang kami harapkan cukup banyak di seluruh dunia. Kami memiliki 70 persen ekonomi yang melambat," kata Lagarde melansir CNBC, Kamis (4/4/2019).

Lagarde mencatat, ada risiko penurunan yang jelas, termasuk soal Brexit dan ketegangan perdagangan China yang telah memengaruhi kepercayaan bisnis.

Apalagi pasar sensitif terhadap data ekonomi global. Saham membukukan reli yang kuat pada Senin lalu, data manufaktur yang solid dari AS dan China setelah terpukul oleh penjualan ritel yang lemah dan jumlah barang tahan lama pada Maret.

Menambah volatilitas pasar telah menjadi berita yang datang dari negosiasi kesepakatan perdagangan antara China dan AS.

“Saya masih optimis (tentang kesepakatan dagang) dan ada dorongan yang jelas bagi kedua belah pihak untuk bergerak maju. Ini sangat penting," kata Lagarde.

Dia menambahkan, bahwa berdasarkan penelitian IMF, jika kenaikan tarif 25 persen diberlakukan akan menyebabkan hilangnya 0,6 persen pertumbuhan ekonomi AS dan kerugian 1,5 persen untuk ekonomi Tiongkok.

"Mengingat bahwa mereka adalah dua raksasa besar saat ini, jika Anda memiliki dampak negatif pada keduanya, itu akan sangat membebani ekonomi global dan itu akan buruk," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com