Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Debit Bitcoin Hadir di Eropa

Kompas.com - 12/04/2019, 06:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah penukaran mata uang kripto (cryptocurrency) meluncurkan kartu debit Visa di Inggris yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan bitcoinl ethereum, dan litecoin.

Dilansir dari CNN, Jumat (12/4/2019), penukaran mata uang kripto Coinbase menyatakan, kartu tersebut akan mengonversi koin-koin kripto ke dalam mata uang poundsterling. Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM.

Aplikasi yang terkait dengan kartu tersebut juga hadir untuk memungkinkan pengguna menentukan mata uang kripto yang akan digunakan.

Baca juga: Bitcoin, Instrumen Investasi untuk Milenial?

"Coinbase Card mendukung semua aset kripto yang diperdagangkan di platform Coinbase, artinya aset-aset itu dapat digunakan untuk membayar makanan dengan bitcoin, atau menggunakan ethereum untuk membayar tiket kereta untuk pulang," kata kepala Coinbase di Inggris Zeeshan Feroz.

Coinbase Card merupakan kartu debit mata uang kripto pertama di Inggris, menurut Coinbase. Kartu ini pun akan hadir di negara-negara Eropa lainnya dalam waktu dekat.

Para ahli mengatakan bahwa lonjakan harga mata uang kripto akan memikat investor-investor baru. Harga mata uang kripto pun diprediksi dapat terus meningkat lantaran perusahaan penukaran mata uang kripto mulai membuat koin digital tersebut mudah untuk dibelanjakan.

Baca juga: China Berencana Larang Penambangan Bitcoin

Kartu serupa telah terlebih dahulu hadir di Amerika Serikat yang dirilis oleh Shift Payments.

Namun, ada biaya transaksi dalam penggunaan kartu tersebut. Di Inggris, biaya transaksinya mencapai 2,49 persen per transaksi.

Adapun biaya transaksi di negara-negara Eropa lainnya mencapai 2,69 persen dan 5,49 persen per transaksi untuk negara-negara luar Eropa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com