Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Aksi 22 Mei, Penukaran Uang Baru di Monas Kembali Beroperasi

Kompas.com - 27/05/2019, 14:09 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai aksi massa tanggal 22 Mei 2019, Bank Indonesia (BI) kembali membuka operasional penukaran uang pecahan kecil di Lapangan IRTI Monas hari ini, Senin (27/5/2019).

"Hari ini kami sudah buka (kas keliling) kembali dan rencananya sampai tanggal 29 Mei 2019," kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Erna Wijayanti saat operasi penukaran uang pecahan di Kompas Gramedia, Senin (27/5/2019).

Erna mengakui sejak kerusuhan pada Rabu tanggal 22 Mei 2019 pekan lalu, BI sempat menutup operasionalnya hingga Jumat, 25 Mei 2019 karena masalah keamanan.

"Menimbang masalah keamanan, kami akhirnya memutuskan tidak beroperasi dalam beberapa hari. Kami pun memantau hingga situasi mereda agar kas keliling bisa beroperasional kembali," ungkap Erna.

Namun hari ini, papar Erna, penukaran uang sudah bisa beroperasional secara normal hingga tanggal 29 Mei untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa menukarkan uangnya.

Erna pun menyebut, penukaran uang di Monas dan di beberapa titik tidak akan diperpanjang hingga 30 April atau sampai awal Juni. Sebab, banyak masyarakat yang telah mudik di tanggal 30 Mei 2019.

"Tanggal 30 itu sudah libur nasional, itu diprediksi orang sudah mudik. Jadi kami tidak memperpanjang waktu penukaran," tutur Erna.

Meski berakhir 2 hari lagi, Anda tak perlu khawatir. Sebab BI menyediakan penukaran uang di beberapa titik rest area hingga tanggal 1 Juni. Erna mengimbau masyarakat untuk selalu memantau akun twitter BI agar tidak ketinggalan informasi.

"Tapi kami menyediakan titik penukaran uang dan 241 cabang bank tertentu. Kalau mau tahu dimana saja titik penukarannya, itu bisa dilihat

di twitter BI atau bisa tanya di call center BI di nomor 131," terang Erna.

Sebagai informasi, Bank Indonesia telah menyiapkan uang kebutuhan lebaran sebesar Rp  217,1 triliun. Di Jabodetabek sendiri, BI telah menyediakan sekitar Rp 51 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com