Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Kembangkan Kawasan 645 Desa Sejahtera di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 25/06/2019, 14:24 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra mengembangkan kawasan desa se-Indonesia untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Dalam menjalankan program bernama Desa Sejahtera Astra itu, Astra bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi kawasan pedesaan.

Sejauh ini, sebanyak 645 desa di 125 kabupaten merupakan kawasan yang dibina Astra.

"Sebelumnya kita ada 370 desa sejahtera di 77 kabupaten. Hari ini 275 desa akan kita tandatangani (perjanjian kerja sama) sehingga menjadi 645 desa," ujar Deputi Chief of Corporate Affair PT Astra International Riza Deliansyah di Menara Astra, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Sebanyak 233 desa fokus di bidang pertanian dan peternakan, 76 desa di bidang perikanan, 34 desa di sektor kreatif, dan 27 desa fokus pada pelayanan jasa dan wisata.

Dalam pengembangan desa tersebut, Astra fokus pada empat bidang, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan wirausaha atau UKM. Riza mengatakan, yang mereka berikan tak hanya dari segi permodalan.

Warga desa diberikan pendampingan mulai dari pelatihan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal dan pemasaran produk.

"Kami harap desa-desa ini bisa jadi desa mandiri dan sejahtera. Khususnya dari segi ekonomi," kata Riza.

Riza juga berharap desa binaan mereka menjadi role model desa-desa lainnya dalam mengembangkan potensi di kawasan masing-masing. Selain desa, Astra juga memiliki 80-an kampung berseri Astra yang juga mendapat pendampingan hingga permodalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com