Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jamin Pasokan Gas, PGN Gandeng Talisman Sakasemang

Kompas.com - 12/07/2019, 20:30 WIB
Hotria Mariana,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menjalin kerja sama dengan Talisman Sakakemang B.V. untuk menjamin pasokan gas bumi ke pelanggan.

Talisman merupakan korporasi yang berafiliasi dengan Repsol Group (TBSV). 

Direktur Komersial PGN Danny Praditya dan Vice President TBSV Gregory Holman menandatangani nota kesepahaman kerja sama penjualan dan pembelian gas bumi, Jumat (12/7/2019).

Danny berharap, pasokan gas bumi dari wilayah kerja Sakakemang dapat digunakan untuk melayani kebutuhan sektor industri, baik skala besar maupun kecil, kelistrikan, komersial, dan rumah tangga.

"Dengan adanya jaminan pasokan ini, PGN dapat berkontribusi lebih untuk mendukung daya saing industri dan untuk dapat menyalurkan energi baik secara masif," ujar Danny dalam pernyataan tertulis. 

Baca juga: PGN dan Pelindo III Bersinergi Ciptakan Terobosan Energi

Adapun besaran pasokan, lanjut Danny, sekitar 400 hingga 500 Billion British Thermal Unit per Day abbreviated (BBTUD). 

“Jumlah tersebut berdasarkan indikasi kebutuhan gas PGN,” jelas dia.

Sementara itu, PGN kian agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional.

Pada 2018, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 2.456 kilometer (km) dan saat ini mencapai lebih dari 9.909 km, atau setara dengan 95 persen dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Dengan adanya infrastruktur tersebut, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik.

Tak cuma itu, PGN juga menyalukan gas bumi untuk 1.984 pelanggan komersial seperti hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com